Show simple item record

dc.contributor.advisorLatif, Misno A.
dc.contributor.advisorZahroul .F, Chumi
dc.contributor.authorSepdiyanti, Maulina Indah
dc.date.accessioned2015-11-30T07:37:46Z
dc.date.available2015-11-30T07:37:46Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim100210204119
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65122
dc.description.abstractKegiatan belajar mengajar sehari-hari sesuai hasil wawancara ketika observasi, guru tidak menggunakan media pembelajaran ketika mengajar di kelas. Proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan metode tanya jawab tanpa menggunakan media pembelajaran yang sesuai sehingga banyak siswa yang merasa bosan dengan metode ceramah yang diberikan oleh guru. Proses pembelajaran yang demikian mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa perlu adanya upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan media yang tepat dan menarik dalam pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang bisa dijadikan pilihan untuk mendukung proses pembelajaran khususnya pembelajaran IPS yaitu media gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPS pokok bahasan lingkungan alam dan buatan di SDN Jumerto 2 Jember?. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran IPS pokok bahasan lingkungan alam dan buatan di SDN Jumerto 2 Jember. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN Jomerto 02 Jember dengan subjek penelitian sejumlah 20 siswa, yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. ix Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan persentase jumlah siswa yang sangat aktif berdasarkan hasil observasi pada pra siklus sebesar 5%, pada tindakan siklus I sebesar 15%, dan pada siklus II meningkat menjadi 30%. Siswa yang aktif pada tahap pra siklus sebesar 30% , pada tindakan siklus I meningkat menjadi 45% dan pada tindakan siklus II meningkat menjadi 65%. Siswa yang cukup aktif pada tahap pra siklus sebesar 45% menurun menjadi 25% pada siklus I dan 5 % pada siklus II. Siswa yang yang kurang aktif pada tahap pra siklus sebesar 20% menurun menjadi 15% pada tindakan siklus I dan 0 % pada tindakan siklus II. Hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 60,5 tergolong kategori cukup baik, sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi 71,8 tergolong kategori baik, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 78,1 tergolong kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pokok bahasan lingkungan alam dan buatan. Saran bagi guru, ketika melaksanakan pelajaran IPS hendaknya menggunakan media gambar sesuai materi yang diajarkan agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Saran untuk Kepala Sekolah, hendaknya dapat memberikan fasilitas berupa media pembelajaran yang dibutuhkan oleh guru. Saran bagi Peneliti Lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi sehingga dapat melakukan penelitian yang lebih baik lagi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DI SDN JUMERTO 02 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record