Browsing MT-Teacher Training and Education by Title
Now showing items 116-135 of 222
-
Pengembangan Model Pembelajaran Accelerated Learning Integrated By Discovery (ALID) pada siswa SMA kelas X dengan Model Borg and Gall
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER, 2019-05-24)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh analisis kebutuhan sekolah SMA Negeri di Kabupaten Jember yaitu pada mata pelajaran sejarah, model pembelajaran yang digunakan pendidik belum memfasilitasi peserta didik untuk berfikir ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AGT Re-Con (AUDITORY GUIDING TESTING REPETITION AND CONCLUSSION) UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN HASIL BELAJAR IPA DI MTs
(2017-01-13)Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran AKSI (Aktualisasi Siswa) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Pembelajaran IPA di SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-11-15)Pendidikan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas suatu negara. Peran pendidikan akan terwujud dalam proses pembelajaran dengan menghasilkan kemampuan siswa. Kemampuan yang bermanfaat dalam pembelajaran ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Literasi Matematika
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2023-07-31)Literasi matematika sebagai bagian dari Asesmen Kompetensi Minimal, menjadikan literasi matematika sebagai salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa di Indonesia. Namun berdasarkan fakta di lapangan menunjukkan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Computational Based Learning (CBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking dan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika dI SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-20)Karakteristik peserta didik di era revolusi industri 4.0 yang akan menuju era society 5.0 menuntut banyak kemampuan yang harus bisa dimiliki terutamanya pada kecakapan dalam menyelesaikan masalah dan Computational thinking ... -
Pengembangan Model Pembelajaran DIIASE (Display Problems, Identify Problems, Investigation, Analysis, Sharing, Evaluating) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan R-VGM Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-06-21)Qualifications of Human Resources to face the challenges of the 21st century are required to have critical thinking skills. Meanwhile, one of the skills needed in learning physics is verbal, graphic, and mathematical ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DOTISC (DIRECTION, ORGANIZATION, TUTORING, IMPLEMATION, SOLUTION, AND CONFIRMATION) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
(2016-11-28)Pembelajaran adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang harus disusun dan direncanakan oleh guru agar dapat berjalan dengan baik, efektif, dan mencapai tujuannya. Bukan sekedar melakukan pengajaran dengan guru hanya ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Gsece (Guiding, Searching, Experiencing, Communicating, Evaluating) Untuk Pembelajaran Fisika Di Smk
(2018-07-11)Salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi siswa sehingga pembelajaran berhasil baik yaitu dapat dilakukan melalui mengembangkan model pembelajaran. Model pembelajaran yang dikembangkan didesain mampu meningkatkan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran ilc3 (Identify, Literature Review, Construct, Create and Communicate) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bioteknologi
(2020)Siswa yang hidup pada abad 21 dituntut untuk menguasai keilmuan, berketerampilan metakognitif, berpikir kritis dan kreatif, serta dapat berkomunikasi dan berkolaborasi. Keterampilan abad 21 merupakan sebuah perkembangan ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Meaningful Investigation Laboratory (MIL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan R-VGM pada Pembelajaran Fisika Di SMA
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2020-03)Tuntutan inovasi pembelajaran abad 21 semakin berkembang sebagai akibat dari kemajuan bidang ilmu pengetahuan, dan teknologi. Inovasi pembelajaran fisika diperlukan salah satunya dengan mengembangkan model pembelajaran ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ORISINAL (ORIENTASI-INSTRUKSIONAL) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK
(2017-01-13)Dari hasil observasi didapatkan bahwa pada umumnya siswa tidak siap saat mengikuti pelajaran di kelas sehingga cenderung tidak memiliki pengetahuan awal yang cukup terkait suatu konsep materi IPA khusunya fisika yang akan ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PDC (PREPARING, DOING, CONCLUDDING) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
(2017-03-23)Hakekat IPA sebagai proses dan produk maka siswa perlu untuk memperoleh pengetahuan baru yang bisa didapatkan dari bacaan, sehingga siswa akan mempunyai pengetahuan awal sebagai bekal untuk menerima materi yang diajarkan ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PEIK(Prediksi, Eksperimen,Inferensi,Komunikasi) UNTUK PEMBELAJARAN IPA di SMP
(2017-08-04)Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang dilaksanakan di SMP Darul Hikmah pada bulan November-Oktober semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dengan subjek 29 orang siswa. Desain Penelitian ini ... -
Pengembangan Model Pembelajaran PIACCE untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-20)Pembaharuan proses pembelajaran pada kurikulum 2013 terletak pada pembelajaran yang menekankan pada dimensi pedagogik modern, yaitu menggunakan scientific approach, pada kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 yang dituntut ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Pospace untuk Meningkatkan Kesadaran Metakognisi Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-19)Pendidikan saat ini menghadapi tantangan abad 21, dimana transformasi pembelajaran diperlukan agar siswa mampu menguasai berbagai keterampilan untuk menghadapi era persaingan ekonomi global (Suratno et al., 2019). ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based-Cooperative Learning (PB-CL) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-27)Perkembangan teknologi yang pesat memberikan dampak tersendiri, termasuk dalam bidang pendidikan. Adanya kemajuan teknologi ini harus diimbangi dengan kualitas sumber daya manusianya. Peningkatan kualitas sumber daya tidak ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Problem, Mapping, Innovate, Reflection (PREMIERE) pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-26)Tantangan dalam dunia pendidikan abad ini adalah keharusan untuk mempersiapkan generasi yang mampu menyongsong tantangan global dan menjadi manusia berkualitas. Mengubah pola pembelajaran dan membentuk lulusan yang ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN QODE (QUESTIONING, ORGANIZING, DOING, AND EVALUATING) UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SMP
(2017-11-21)Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa. a. Model pembelajaran QODE (Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating) yang valid memiliki sintakmatik yang terdiri empat tahap yaitu ... -
Pengembangan Model Pembelajaran RAIDS (Reading, Arranging, Investigating, Discussing, Sharing) pada Pembelajaran IPA Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya di Daerah Perkebunan Kopi
(Program Studi Pendidikan IPA; Jurusan Magister Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2019-07-04)Pemilihan model pembelajaran yang digunakan di kelas merupakan salah satu kegiatan awal untuk meningkatkan pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan karakteristik pelajaran dan kebutuhan ... -
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN RASI (READING, ANALYZING, SHARING, AND INFERRING) UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN IPA
(2016-11-24)Pembelajaran merupakan proses yang diselenggarakan guru untuk membelajarkan siswa, bagaimana belajar memperoleh dan memproses pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta memberikan kesempatan siswa belajar secara ...