Show simple item record

dc.contributor.authorMuh. Sahrifin
dc.date.accessioned2013-12-09T02:26:19Z
dc.date.available2013-12-09T02:26:19Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM070210204040
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6416
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Mangli 01 dalam mata pelajaran IPA pokok cahaya dan sifat-sifatnya melalui penerapan metode penemuan terbimbing tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Mangli 01 Kecamatan Kaliwates, dimulai pada tanggal 23 Mei 2011 sampai tanggal 30 Mei 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 44 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema kemis dan taggar dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan Dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPA, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penggunaan metode bermain peran pada pembelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya ini efektif karena dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, kemampuan akademik dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar. Persentase hasil tes formatif mengalami peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II dari. Aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I 68,18% menjadi 82,573%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengunaan metode penemuan terbimbing pada mata pelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya dikatakan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas V SDN Mangli 01 Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 54,54% atau sebanyak 24 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 88,63% atau sebanyak 39 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan metode penemuan terbibmbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya pada siswa kelas V SDN Mangli 01 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember tahun ajaran 2010/2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204040;
dc.subjectAktivitas Dan Hasil Belajar IPA, Cahaya Dan Sifat-Sifatnya, Metode Penemuan Terbimbingen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA MELALUI PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS V DI SDN MANGLI 01 T AHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record