Show simple item record

dc.contributor.authorTituk Handayani
dc.contributor.authorRahayu
dc.contributor.authorSihono
dc.date.accessioned2015-10-08T00:58:54Z
dc.date.available2015-10-08T00:58:54Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64141
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Mrawan 01 Jember dengan tujuan untuk menerapkan metode inquiry agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di SDN Mrawan 01 Jember. Hal ini dikarenakan motivasi belajar siswa rendah dan hasil belajar siswa kurang baik pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 3 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen dan tes hasil belajar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, skor motivasi belajar siswa siklus I sebesar 79 (kategori tinggi), mengalami peningkatan 9,43% pada siklus II menjadi 88,43 (kategori sangat tinggi). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 60,1 (kategori cukup baik) dan pada siklus II sebesar 81,3 (kategori sangat baik).en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectInquiryen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectPenelitian Tindakan Kelasen_US
dc.titlePenerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mrawan 01 Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record