Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Maimunah
dc.contributor.authorRahayu
dc.contributor.authorChumi Zahroul Fitriyah
dc.date.accessioned2015-10-07T02:55:12Z
dc.date.available2015-10-07T02:55:12Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64101
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Pangkemiri 1 Sidoarjo pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SDN Pangkemiri 1 Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SDN Pangkemiri 1 Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN Pangkemiri 1 Sidoarjo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pangkemiri 1 Sidoarjo yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, angkat, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 70,96 pada siklus I dan pada siklus II 82,84. Demikian juga dengan skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 69,68 pada siklus I dan pada siklus II 82,24.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT),en_US
dc.subjectmotivasi belajar siswaen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record