Show simple item record

dc.contributor.authorRisma Dessita Sulistyaning Ari
dc.contributor.authorSuhartiningsih
dc.contributor.authorKhutobah
dc.date.accessioned2015-10-06T00:50:17Z
dc.date.available2015-10-06T00:50:17Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64042
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Gambiran Banyuwangi dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III dalam memberikan tanggapan melalui pendekatan open ended problem. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa meliputi kurangnya penguasaan kosakata Bahasa Indosesia dan keberanian siswa, serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 39 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian melalui pendekatan open ended problem selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 4 Gambiran Banyuwangi. Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III sebesar 20,8%, yang semula pada siklus I 64,2% menjadi 85% pada siklus 2. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan pendekatan open ended problem dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 4 Gambiran Banyuwangi.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectketerampilan berbicaraen_US
dc.subjectpendekatan open ended problemen_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Open Ended Problem Pada Siswa Kelas III SDN 4 Gambiran Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2013/2014en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record