Show simple item record

dc.contributor.authorRini Nur Arifin
dc.contributor.authorNuriman
dc.contributor.authorAgustiningsih S
dc.date.accessioned2015-10-06T00:29:13Z
dc.date.available2015-10-06T00:29:13Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64036
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Sumber Kokap 02 Bondowoso dengan tujuan mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode pembelajaran kurang inovatif, minimnya penggunaan media pembelajaran, aktivitas siswa cenderung pasif karena hanya duduk, mendengar, dan mengerjakan soal, dan hasil belajar siswa kelas IV masih tergolong rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 18 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode penemuan terbimbing selama dua siklus. Pada pra siklus, skor aktivitas belajar siswa sebesar 40,12, siklus 1 sebesar 50,74 dan siklus 2 sebesar 71,11. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 45,56, siklus 1 sebesar 52,78, dan pada siklus 2 sebesar 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sumber Kokap 02 Bodowosoen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMETODE PENEMUAN TERBIMBINGen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJARen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas Melalui Metode Penemuan Terbimbingen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record