Show simple item record

dc.contributor.authorMOCH.GUNTORO
dc.date.accessioned2013-12-09T02:15:49Z
dc.date.available2013-12-09T02:15:49Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210274083
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6399
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN kepatihan 03 kecamatan kaliwates kabupaten Jember yang terdiri dari 41 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap hasil belajar siswa adalah adanya kenaikan rata-rata skor nilai prates yang hanya mencapai 56,7% sedangkan nilai rata-rata postes sudah meningkat menjadi 83%. Selain itu, Proposal e TA Moch.Guntoro 5 dampak tersebut dapat dilihat dari hasil nilai formatif pada pada siklus I mencapai 71% meningkat menjadi 82% pada siklus II serta semakin berkurangnya dominasi guru dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Untuk dampak terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari semakin meningkatnya berbagai komponen aktifitas siswa belajar siswa mulai dari komponen keaktifan, kerjasama, mengeluarkan pendapat dan bertanya menunjukkan adanya peningkatan yang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas hendaknya guru senantiasa dapat menerapkan metode eksperimen yang terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN kepatihan 03 kecamatan kaliwates kabupaten Jemberen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274083;
dc.subjectpendekatan inkuiri disertai LKS, Aktifitas, Hasil Belajar, IPAen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA IPA TENTANG ENERGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI DENGAN METODE EKSPERIMEN SISWA KELAS III DI SDN KEPATIHAN 03 KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record