Show simple item record

dc.contributor.authorImron Aziz
dc.contributor.authorSuhartiningsih
dc.contributor.authorKhutobah
dc.date.accessioned2015-09-25T09:03:54Z
dc.date.available2015-09-25T09:03:54Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63607
dc.description.abstractAbstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IIIB di SDN Ajung 03 Jember pada pembelajaran Bahasa Indonesia kemampuan membaca pemahaman.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kemampuan membaca pemahaman di SDN Ajung 03 Jember tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 2 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B dengan jumlah 44 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajara TPS cukup efektif. Terbukti dalam pelaksanaan siklus 1 dan siklus 2, siswa terlihat lebih memahami terhadap apa yang mereka baca dan mampu mengerjakan soal dengan baik. Kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I 76,02(kriteria baik), mengalami peningkatan 7,5 pada siklus II menjadi 83,52 (kriteria sangat baik).en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel pembelajaran kooperatif TPSen_US
dc.subjectKemampuan membaca pemahamanen_US
dc.subjectPenelitian tindakan kelasen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN AJUNG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record