Show simple item record

dc.contributor.authorDewi Yuliana
dc.contributor.authorM. Sulthon Masyhud
dc.contributor.authorRahayu
dc.date.accessioned2015-09-22T01:19:26Z
dc.date.available2015-09-22T01:19:26Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63539
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Mangli Jember menggunakan kurikulum KTSP dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi belajar peta konsep terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS tema keperluan sehari-hari pada siswa kelas III. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain pre-test pos-test control group design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 70 siswa yang terdiri dari kelas IV-A dan IV-B. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan tes yang diadakan sebanyak dua kali yakni sebelum dan sesudah eksperimen (pre-test dan post-test).Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih nilai rata-rata post-test dan pre-test untuk kelas eksperimen adalah 23,43. Selisih nilai rata-rata post-test dan pre-test sebesar 10,66. Kedua kelas sama-sama mengalami perubahan, namun pada kelas eksperimen nilai siswa mengalami perubahan yang lebih signifikan dibandingkan dengan rata-rata nilai pada kelas kontrol. Hasil selisih kedua kelas tersebut dilakukan uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 16.00 dan diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 4,878 > 1,9973, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan penggunaan strategi belajar peta konsep terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS tema keperluan sehari-hari pada siswa kelas III di SDN Mangli 01-Jemberen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectstrategi belajar peta konsepen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.subjectpenelitian eksperimenen_US
dc.subjectkurikulum KTSPen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Strategi Belajar Peta KonsepTerhadap Hasil Belajaren_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record