Show simple item record

dc.contributor.authorAinul Yulia Mawaddah
dc.contributor.authorRahayu
dc.contributor.authorKhutobah
dc.date.accessioned2015-09-17T01:01:42Z
dc.date.available2015-09-17T01:01:42Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63483
dc.description.abstractLatar belakang penelitian ini berdasarkan observasi awal, wawancara dan dokumentasi, hasil motivasi belajar yang tergolong kriteria cukup dan hasil belajar siswa yang tergolong kriteria rendah kelas III di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang pada pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournamen (TGT) dalam pembelajaran IPS Tema Permainan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPS Tema Permainan di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif . Penelitian dilakukan di SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Yosowilangun Lor 01 Lumajang yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 47,1 tergolong kriteria cukup pada pra siklus. Skor rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 56,1 tergolong kriteria cukup pada siklus I dan pada siklus II 86,6 tergolong kriteria sangat tinggi. Demikian juga skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 59,3 tergolong kriteria kurang pada pra siklus. Skor rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 60 tergolong kriteria cukup pada siklus I dan pada siklus II 81,1 tergolong kriteria sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswaen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectTeams Games Tournament (TGT),en_US
dc.subjectmotivasi belajar siswaen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKANMOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPSen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record