Show simple item record

dc.contributor.authorKarunia Puspita Damayanti, Damayanti,
dc.contributor.authorImam Muchtar, Muchtar
dc.contributor.authorYayuk Mardiati, Mardiati
dc.date.accessioned2015-09-10T04:09:58Z
dc.date.available2015-09-10T04:09:58Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63374
dc.description.abstractPembelajaran PKn di kelas VB SDN Mangli 01 Jember masih belum memiliki inovasi pembelajaran dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariatif. Hal ini menyebabkan aktivitas siswa yang masih kurang maksimal dan data nilai hasil belajar harian siswa yang kurang memuaskan . Berdasarkan masalah tersebut, mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan Strategi Think-Talk-Writedengan Media Audio Visual sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang mengajak siswa untuk berperan aktif dan melatih siswa untuk mengembangkan pemikirannya dalam proses pembelajaran. Sesuai dengan rumusan masalah, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB menggunakan Strategi Think Talk Write dengan Media Audio Visual pada pembelajaran PKn pokok bahasan memahami kebebasan berorganisasi di SDN Mangli 01 Jember . Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VB SDN Mangli 01 dengan jumlah siswa laki-laki 16 siswa dan 22 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan baik pada skor aktivitas siswa dan rata-rata skor hasil belajar siswa. Secara klasikal, skor pencapaian aktivitas belajar siswa pada pra-siklus sebesar 45,23 (cukup aktif), meningkat pada siklus I yaitu 65,13(aktif), mengalami peningkatan kembali pada siklus II sebesar 86,51(sangat aktif). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal tersebut terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada pra-siklus hanya 68,89 (cukup baik), mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 75,37 (baik), dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II sebesar 81,79(sangat baik). Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas menerapkan strategi Think-Talk-Write dengan media audio visual adalah peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectStrategi Think-Talk-Writeen_US
dc.subjectmedia audio visualen_US
dc.subjectaktivitas belajar siswaen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.subjectkebebasan berorganisasien_US
dc.titlePenerapan Strategi Think-Talk-Writedengan Media Audio Visual Untuken_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record