Show simple item record

dc.contributor.authorHerlin Yuliana, Yuliana
dc.contributor.authorNuriman
dc.contributor.authorAgustiningsih
dc.date.accessioned2015-09-03T00:42:07Z
dc.date.available2015-09-03T00:42:07Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63315
dc.description.abstractPembelajaran IPA di sekolah dasar hendaknya dapat memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa sehingga dapat mengembangkan keterampilan proses siswa. Namun pada kenyataannya pembelajaran IPA di kelas menunjukkan bahwa interaksi pembelajaran dalam kelas masih berlangsung satu arah. Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA masih pasif, hal ini dikarenakan keterbatasan media pembelajaran di sekolah sehingga menyebabkan  rendahnya keterampilan proses dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas IV sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi menggunakan metode eksperimen dengan media lingkungan pada siswa kelas IV di SDN Sukowiryo 01. Pada siklus I, persentase keterampilan proses siswa secara klasikal sebesar 73,6% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,4% dengan kriteria sangat tinggi. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 58,9 dan pada siklus II meningkat menjadi 77,3 dengan kriteria baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen menggunakan media lingkungan dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV SDN Sukowiryo 01 Jelbuk Jember.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectKeterampilan Prosesen_US
dc.subjectMedia Lingkunganen_US
dc.subjectMetode Eksperimenen_US
dc.subjectPembelajaran IPA.en_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar pada Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Menggunakan Metode Eksperimen dengan Media Lingkungan pada Siswa Kelas IV SDN Sukowiryo 01 Jelbuk Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record