Show simple item record

dc.contributor.authorAgustiningsih
dc.date.accessioned2015-09-01T01:24:07Z
dc.date.available2015-09-01T01:24:07Z
dc.date.issued2015-09-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63272
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jemberen_US
dc.description.abstractPenelitian ini termasuk penelitian pengembangan, karena dalam penelitian ni dikembangkan perangkat tematik berbasis pendekatan scientific. Dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, mengacu pada unsur-unsur model pengembangan perangkat pembelajaran Tiagarajan yang disebut four-D Models. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar Siswa, Lembar Kerja Siswa dan Tes Hasil Belajar yang diterapkan pada siswa SD kelas 5. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran dan efektivitas penerapan perangkat pembelajaran model pembelajaran tematik. Rancangan penelitian yang digunakan pada saat pengembangan penerapan perangkat pembelajaran adalah mengacu pada tahapan pengembangan four-D models yang meliputi empat tahapan yaitu define, design, develope dan diseminate. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah memiliki kualitas yang baik dan layak untuk digunakan. Hal ini dasarkan pada hasil penliaian oleh 2 validator menunjukkan bahwa kualitas silabus, RPP dan Buku Ajar Siswa model materi dengan menggunakan pembelajaran tematik dengan pendekatan scientific memiliki kualitas model baik dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil pengembangan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran model pembelajaran tematik berbasis pendekatan scientific yang dikembangkan adalah baik dan telah memenuhi kelayakan sebagai perangkat pembelajaran di sekolah dasar kelas tinggi serta efektif menunjang pembelajaran. Kata kunci : pengembangan perangkat pembelajaran, pembelajaran tematik, pendekatan scientificen_US
dc.publisherFKIP'14en_US
dc.relation.ispartofseriesPemula;216
dc.subjectpengembangan perangkat pembelajaranen_US
dc.subjectpembelajaran tematiken_US
dc.subjectpendekatan scientificen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PADA PENDEKATAN SCIENTIFIC MENGACU PADA KURIKULUM 2013 UNTUK KELAS TINGGI SEKOLAH DASARen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record