Show simple item record

dc.contributor.authorAinur Rasyid, Rusdhianti Wuryaningrum, Anita Widjajanti
dc.contributor.authorAinur Rasyid, Ainur
dc.contributor.authorRusdhianti Wuryaningrum, Rusdhianti
dc.contributor.authorAnita Widjajanti, Anita
dc.date.accessioned2015-08-19T05:24:38Z
dc.date.available2015-08-19T05:24:38Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63045
dc.description.abstractJargon adalah pemakaian bahasa dalam setiap bidang kehidupan, keahlian, jabatan, lingkungan pekerjaan, masing-masing mempunyai bahasa khusus yang sering tidak dimengerti oleh kelompok lain. Jargon merupakan variasi sosial yang digunakan secara terbatas oleh kelompok-kelompok sosial tertentu. Jargon yang diciptakan muncul karena beberapa alasan yang memang dibutuhkan oleh para pedagang konfeksi. Hal tersebut  menarik untuk diamati dan dikaji lebih jauh mengenai jargon dalam interaksi jual-beli pedagang konfeksi di Pasar Mimbaan Situbondo. Hal tersebut bertujuan untuk membuat orang di luar komunitas tersebut juga dapat mengetahui dan memahami makna jargon tersebut. Pada penelitian ini ditemukan dan dibahas 51 data dalam bentuk jargon. Rancangan dan jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini diperoleh 2 wujud jargon yaitu wujud jargon leksikon dan frasa, serta 6 fungsi penggunaan jargon dan 4 faktor penggunaan jargon.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectJargonen_US
dc.subjectpedagang konfeksien_US
dc.subjectwujud jargonen_US
dc.subjectfungsi penggunaan jargonen_US
dc.subjectfaktor penggunaan jargonen_US
dc.titleJARGON DALAM INTERAKSI JUAL-BELI PEDAGANG KONFEKSI DI PASAR MIMBAAN BARU SITUBONDOen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record