Show simple item record

dc.contributor.authorAndika
dc.contributor.authorZahroul Fitriyah, Chumi
dc.date.accessioned2015-06-26T05:53:25Z
dc.date.available2015-06-26T05:53:25Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62785
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan metode problem solving. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Binakal Bondowoso yang berjumlah 23 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode problem solving dapat melatih siswa untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi baik secara individu maupun secara kelompok. Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,52%, sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 12,94%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS Pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat di SDN Binakal Bondowosoen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
dc.subjectaktivitas siswaen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.subjectmetode problem solvingen_US
dc.titlePenerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial di Lingkungan Setempat di SDN Binakal Bondowosoen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record