Show simple item record

dc.contributor.authorZahrotul Hestin Haustin
dc.date.accessioned2015-03-13T10:15:30Z
dc.date.available2015-03-13T10:15:30Z
dc.date.issued2015-03-13
dc.identifier.nimNIM100210101106
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61784
dc.description.abstractAnalisis Buku Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell; Zahrotul hestin Haustin, 100210101106; 2014; 167 halaman; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 1 menyebutkan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pada tahun 2013, Indonesia menerapkan kurikulum yang merupakan penyempurnaan dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 yang dikenal dengan kurikulum 2013. Berdasar pada hal tersebut semua sarana yang mendukung pelaksanaan kurikulum 2013 disesuaikan dengan kurikulum tersebut, termasuk buku teks. Pemerintah telah mencetak berbagai buku teks berdasarkan kurikulum 2013, salah satunya adalah buku teks matematika kurikulum 2013 yang telah digunakan dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Pada penelitian ini dilakukan analisis pada buku matematika kelas VII semester I kurikulum 2013 berdasarkan kriteria Bell. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kesesuaian materi buku matematika untuk SMP/MTs kelas VII semester I kurikulum 2013 berdasarkan kriteria bell? 2) Bagaimanakan kesesuaian metode penyampaian materi buku matematika untuk SMP/MTs kelas VII semester I kurikulum 2013 berdasarkan kriteria bell? 3) Bagaimakah kesesuaian karakteristik fisik buku matematika untuk SMP/MTs kelas VII semester I berdasarkan kriteria bell? 4) Bagaimanakan kesesuaian petunjuk buku guru buku matematika untuk SMP/MTs kelas VII semester I kurikulum 2013 berdasarkan kriteria bell? . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didahului dengan mengembangkan deskriptor kriteria Bell. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi. Waktu penelitian mulai dari memilih buku dan analisis buku dilakukan pada bulan April hingga Agustus 2014. Hasil penelitian terhadap buku siswa kelas VII semester I kurikulum 2013 adalah sebagai berikut : Kesesuaian materi matematika Buku Matematika SMP/MTs untuk Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase kesesuaian 88,75%. Kesesuaian metode penyampaian materi Buku Matematika SMP/MTs untuk Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell termasuk dalam kategori cukup dengan persentase kesesuaian 65,47%. Kesesuaian karakteristik fisik Buku Matematika SMP/MTs untuk Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase kesesuaian 81,81%. Kesesuaian petunjuk untuk guru Buku Matematika SMP/MTs untuk Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell termasuk dalam kategori cukup dengan persentase kesesuaian 52,61%. Dengan hasil di atas dapat dikatakan bahwa buku teks matematika kelas VII semester I kurikulum 2013 dapat digunakan oleh siswa. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan untuk semua pihak dalam proses penyusunan buku siswa matematika selanjutnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101106;
dc.subjectANALISIS BUKU MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I KURIKULUM 2013 BERDASARKAN KRITERIA BELLen_US
dc.titleANALISIS BUKU MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VII SEMESTER I KURIKULUM 2013 BERDASARKAN KRITERIA BELLen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record