Show simple item record

dc.contributor.authorEliana
dc.date.accessioned2015-02-09T03:14:54Z
dc.date.available2015-02-09T03:14:54Z
dc.date.issued2015-02-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61307
dc.description.abstractMetode mengajar merupakan salah satu unsur dalam keberhasilan belajar yaitu suatu cara yang dipakai di dalam proses belajar-mengajar. Penggunaan metode mengajar yang tepat dan sesuai dapat mempengaruhi hasiJ belajar siswa. Untuk itu diperlukan 2 metode dalam penelitian ini yaitu metode demonstrasi dan metode ceramah yang disertai media OHP dan media kartun fisika. Dari gambaran tersebut maka timbullah rumusan masalah (1) adakah perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar menggunakan metode demonstrasi dengan metode ceramah disertai media OHP dan media kartun fisika ? (2) manakah yang lebih efektif hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan metode demonstrasi atau metode ceramah disertai media OHP dan media kartun fisika ?. Tujuan yang ingin diperoleh yaitu (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar menggunakan metode demonstrasi dengan metode ceramah disertai media OHP dan media kartun fisika, (2) untuk mengetahui mana yang lebih efektif antara hasil belajar fisika siswa yang diajar menggunakan metode demonstrasi atau metode ceramah disertai media OHP dan media kartun fisika. Untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode clusLer random sampling yang terlebih dahulu diuji homogenitasnya, sehingga diperoleh 2 kelas yang sama. Metode pengumpulan data rnenggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Anahsis data yang digunakan adalah ttes dan uji keefektifan yaitu dengan melihat beda mean dalarn kelas eksperimen. Hasil analisis data diperoleh nilai t-hitung sebesar 5,78 yang dikonsultasikan dengan t-tabel untuk taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (db) sebesar 87 yaitu sebesar 1 ,666. Berarti hipotesis nihil yang diajukan ditolak dan hipotesis kerja diterima, maka ada perbedaan yang signifikan. Sedangkan keefektifan penggunaan metode demonstrasi dan metode ceramah yang disertai media OHP dan media kartun fisika diperoleh sebesar 18,43% dikategorikan baik. Kesimpulan yang diperoleh dari analisis data bahwa penggunaan metode ceramah yang disertai media OHP dan media kartun fisika Jebih baik dan lebih efektif.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectSTUDI KOMPARATIF HASIL BElAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN METODE CERAMAH OISERTAI MEDIA OHP DAN MEDIA KARTUN FISI KAen_US
dc.titleSTUDI KOMPARATIF HASIL BElAJAR FISIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN METODE CERAMAH OISERTAI MEDIA OHP DAN MEDIA KARTUN FISIKA (Pada pokok bahasan listrik statis pada siswa kelas II cawu 3 SL TP Negeri I Jember Tahun Pelajaran 2001/2002)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record