Show simple item record

dc.contributor.authorAlfinatul Lutfi
dc.date.accessioned2015-02-09T02:54:22Z
dc.date.available2015-02-09T02:54:22Z
dc.date.issued2015-02-09
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61303
dc.description.abstractPembelajaran tistka yang batk adalah yang menekankan pacta penanaman konsep fisika dan keterkattan antara konsep satu dengan yang lamnya Salah satu langkah awal yang pcrlu dilakukan untuk mewujudkan pembelajaran lisika yang baik adalah menmgkatkan tugas be lajar stswa. Strategt pengajaran reciprocal adalah salah satu model pembelajaran yang dirancang khusus untuk memberikan wawasan pasta siswa tentang cara membaca pemahaman. Berdasarkan gambaran tersebut, maka timbul suatu rurnusan masalah yaitu: ( 1) adakah perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir hasil belajar fisika dengan menggunakan strategi pengajaran reciprocal dalam pembelajaran fisika ?; (2) Seberapa besar efektifitas penggunaan strategi pengajaran reciprocal dalam pembelajaran fisika ? Tujuan yang dicapai adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir pada pembelajaran dengan menggunakan strategi pengajaran reciprocal dalam pembelajaran fisika serta untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penggunaan strategi pengajaran reciprocal dalam pembelajaran fisika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi , observasi, wawancara dan tes. Analisa data yang digunakan adalah t tes dan rumus efektifitas. Dari hasil analisa data diperoleh harga thinmg sebesar 11 ,353 dan ttabel sebesar 2,01 7 (db=43). Sedangkan untuk efektifitas diperoleh sebesar 66,35 % dengan kriteria efektif Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) Ada perbedaan yang signifikan antara tes awal dan tes akhir hasil belajar fisika dengan mengguna.kan strategi penga.jaran reciprocal dalam pembelajaran fisika. (2) Penggunaan strategi pengajaran reciprocal efektif digunakan dalam pembelajaran fisika.en_US
dc.description.sponsorshipUniversitas Jemberen_US
dc.subjectPENGGUNAAN STRATEGI PENGAJARAN RECIPROCAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKAen_US
dc.titlePENGGUNAAN STRATEGI PENGAJARAN RECIPROCAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Dinamika Gerak Lurus Pada Siswa Kelas 1 Semester 1 SMU Negeri 1 Rambipuji)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record