Show simple item record

dc.contributor.authorNurcholilah Fitri Riskiyah
dc.date.accessioned2014-11-03T03:39:46Z
dc.date.available2014-11-03T03:39:46Z
dc.date.issued2014-11-03
dc.identifier.nimNIM100210102011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59898
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai metode eksperimen kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember dengan jumlah siswa 30 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hopkins. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan pra-siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah portofolio, observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data setelah penelitian dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar dari kegiatan prasiklus hingga kegiatan siklus II. Peningkatan keterampilan proses sains pada siklus I ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,39 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang dan pada siklus II sebesar 0,67 yang juga termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I ditunjukkan dengan nilai N-gain sebesar 0,47 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang dan pada siklus II sebesar 0,75 yang termasuk dalam kategori peningkatan tinggi. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains dan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) disertai Metode Eksperimen mengalami peningkatan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210102011;
dc.subjectThink Pair Share (TPS), Metode Eksperimen, Hasil Belajar Fisikaen_US
dc.titlePENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DISERTAI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record