Show simple item record

dc.contributor.authorSri Wahyuni
dc.contributor.authorRif’ati Dina, Handayani
dc.contributor.authorTrapsilo Prihandono
dc.date.accessioned2014-06-30T06:05:06Z
dc.date.available2014-06-30T06:05:06Z
dc.date.issued2014-06-30
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57873
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jemberen_US
dc.description.abstractPembelajaran dengan modul merupakan salah satu cara pembelajaran yang memberi kesempatan siswa untuk belajar mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan modul pengolahan kopi berbasis macromedia flash pada mata pelajaran IPA di SMP yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang kopi yang merupakan hasil bumi penduduk lokal. Modul yang dikembangkan meliputi modul pengolahan kopi yang dipegang oleh siswa dan guru. Dimana modul pengolahan kopi yang dipegang oleh guru dilengkapi dengan menggunakan macromedia flash sehingga lebih mudah dimengerti oleh para siswa karena visualisasi animasi dapat ditampilkan dalam bentuk interaktif. Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan digunakannya modul pengolahan kopi berbasis macromedia flash, pemahaman siswa dan hasil belajar siswa rata-rata meningkaten_US
dc.publisherFKIP'13en_US
dc.subjectModul Pengolahan Kopien_US
dc.subjectMacromedia Flashen_US
dc.subjectMata Pelajaran IPAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODUL PENGOLAHAN KOPI BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record