dc.description.abstract | Hasil penelitian ini adalah pembelajaran TSTS berbantuan CD interaktif
efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tabung dan
kerucut kelas IX D SMP Negeri 6 Situbondo tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat
dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa, aktivitas kelompok dan guru yang
meningkat dari pembelajaran pada siklus I sampai siklus II. Pembelajaran siklus I
diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 77,26% dan pembelajaran
siklus II diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 85,73%. Pembelajaran
siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas kelompok sebesar 75,93% dan
pembelajaran siklus II diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 91,67%.
Persentase aktivitas guru pada pembelajaran siklus I diperoleh 81,26% dan
pembelajaran siklus II diperoleh 90,63%. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan
adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I diperoleh 48% meningkat
menjadi 80% pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa siswa
menunjukkan bahwa siswa senang dengan pembelajaran kooperatif teknik TSTS
berbantuan CD interaktif. Mereka merasa dapat menyampaikan gagasan/ide, bertukar
pendapat dan mempresentasikan hasil kerjanya.
Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa penerapan
pembelajaran TSTS berbantuan CD interaktif efektif untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada pokok bahasan tabung dan kerucut, selain itu pembelajaran ini
juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat
diterapkan di kelas. | en_US |