Show simple item record

dc.contributor.authorKartika Sari
dc.date.accessioned2013-12-06T06:27:35Z
dc.date.available2013-12-06T06:27:35Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210204021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5650
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SDN Gebang 03 Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Penentuan subyek penelitian yaitu di kelas IV A dengan jumlah siswa sebanyak 47 siswa. Sumber data diperoleh dari siswa kelas IV A dan guru kelas IV A. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi siswa kelas IV SDN Gebang 03 Jember tahun ajaran 2010/2011 dengan menggunakan media gambar dan bagaimanakah peningkatan prestasi belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi siswa kelas IV SDN Gebang 03 Jember tahun ajaran 2010/2011 dengan menggunakan media gambar. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS pada pokok bahasan perkembangan teknologi teknologi komunikasi dan transportasi melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas IV SDN Gebang 03 Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010-2011. Untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada pokok bahasan perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas IV SDN Gebang 03 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010-2011. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa antara siklus I dan siklus II . Pada siklus I, aktivitas belajar siswa hanya 46.35% dengan kriteria sedang, dan hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan belajar secara klasikal hanya sebesar 50%. Pada siklus II, aktivitas dan prestasi belajar siswa meningkat dengan skor aktivitas belajar siswa sebesar 68.53% dengan kriteria aktif. Peningkatan tersebut searah dengan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 91.66%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV A SDN Gebang 03 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun ajaran 2010/2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204021;
dc.subjectMedia Gambar, Aktivitas dan Prestasi Belajar IPS, Teknologi Komunikasien_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI SISWA KELAS IV SDN GEBANG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record