Show simple item record

dc.contributor.authorSaddam Hussen
dc.date.accessioned2013-12-04T03:44:53Z
dc.date.available2013-12-04T03:44:53Z
dc.date.issued2013-12-04
dc.identifier.nimNIM090210101025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3576
dc.description.abstractPenggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai akan mengakibatkan pembelajaran tidak berhasil secara optimal, karena pemilihan pembelajaran yang kurang tepat menimbulkan kebosanan dan pencapaian keberhasilan pembelajaran kurang optimal. Untuk menghindari hal tersebut guru hendaknya cukup cermat dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran terutama yang banyak melibatkan siswa secara aktif. Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru Matematika MTs Negeri Arjasa diperoleh keterangan bahwa selama ini metode yang digunakan dalam pembelajaran matematika sebagaian besar adalah metode ceramah dan pemberian tugas. aktivitas siswa dalam proses pembelajaran rendah dan siswa cenderung pasif. Aktivitas dan kreativitas siswa belum bisa optimal, ini berimplikasi pada pembelajaran yang dilaksanakan kurang mampu mencapai hasil yang maksimal. Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar masih kurang, sehingga diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan cara mengaktifkan siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, hal ini dikarenakan pembelajaran STAD merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang didalamnya terdapat tahap-tahap yang harus dilakukan sehingga membuat siswa menjadi lebih aktif. Informasi yang diperoleh dari hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika, penilaian yang dilakukan di kelas VIII D MTs Negeri Arjasa Jember selama ini hanya berdasarkan tes saja, penilaian tidak memperhatikan aktivitas siswa (proses) dalam kegiatan vi belajar mengajar. Untuk mengatasi hal tersebut, penilaian yang sesuai dengan hal tersebut adalah Authentic Assessment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Authentic Assessment pada materi luas permukaan dan Volume Limas siswa kelas VIII D MTs N Arjasa Jember semester genap tahun ajaran 2012/2013. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 6 Agustus 2012 sampai 16 Mei 2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D MTs N Arjasa Jember yang berjumlah 30 siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Authentic Assessment berjalan dengan baik dan lancar, selain itu Model pembelajaran ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu juga dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran, karena keaktifan siswa juga diamati dan akan berpengaruh pada nilai akhir siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai akhir siswa pada siklus I adalah 66,65 dan rata-rata nilai akhir pada siklus II adalah 78,94. Pembelajaran ini juga telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Authentic Assessment berjalan dengan baik dan lancar. 2) model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Authentic Assessment persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 51% dan pada siklus II 72%. 3) model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101025;
dc.subjectStudent Teams Achievment Divisionen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME LIMAS SI SWA KELAS VII I D MTs N ARJASA JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record