Show simple item record

dc.contributor.authorGita Sandra Novianti
dc.date.accessioned2014-01-29T03:10:07Z
dc.date.available2014-01-29T03:10:07Z
dc.date.issued2014-01-29
dc.identifier.nimNIM070210301111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26981
dc.description.abstractTes essay yang diujikan kepada siswa harus memiliki kualitas yang baik. Kualitas sebuah tes essay dapat dilihat dari validitas soal, tingkat kesukaran dan daya beda. Tes essay yang telah diujikan pada ujian tengah semester untuk mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2011-2012 menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Nilai yang diperoleh siswa sebagian besar berada di bawah standar ketuntasan minimal (SKM). Hasil tersebut cenderung menurun bila dibandingkan dengan nilai yang diperoleh siswa pada ulangan harian yang telah dilaksanakan sebelumnya. Peneliti menganggap perlu adanya uji kualitas butir soal essay untuk mengetahui struktur, tingkat kesukaran dan daya beda soal ujian tengah semester ekonomi bentuk essay kelas X di SMA Negeri 5 Jember tahun ajaran 2011-2012. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah butir soal ujian tengah semester ganjil bidang studi ekonomi kelas X SMA Negeri 5 Jember tahun ajaran 2011-2012 yang berjumlah 15 butir. Obyek dalam penelitian ini adalah siswa peserta ujian tengah semester ganjil mata pelajaran ekonomi kelas X tahun ajaran 2011-2012 di SMA Negeri 5 Jember yang berjumlah 65 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumen dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis rasional dan analisis empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal belum valid terbukti dari struktur soal yang dibuat memiliki kualitas yang rendah. Hal ini nampak dalam rumusan 7 butir soal yang kurang komunikatif, kurang spesifik dan kurang dapat mengasah kemampuan berpikir siswa. Penentuan aspek intelektual untuk 6 soal oleh guru juga dinilai kurang tepat dengan aspek intelektual yang hendak diukur dalam soal. Kunci jawaban untuk 7 soal yang dibuat guru juga tidak sesuai dengan masksud soal. Teknik penskoran yang digunakan guru juga kurang tepat. Guru menggunakan nilai yang seragam untuk semua soal tanpa memperhatikan kesukaran pada setiap soal. Hasil penelitian juga menunjukkan soal buatan guru memiliki tingkat kesukaran yang tidak proporsional. Perbandingan proporsi soal yang dimiliki guru adalah 6:5:4. Hal tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar soal yang dibuat guru tergolong sukar. Hasil penelitian untuk daya beda menunjukkan 6 soal buatan guru memiliki daya beda yang rendah, 5 soal memiliki tingkat daya beda cukup dan hanya 4 soal yang memiliki daya beda tinggi. Berpedoman pada rumusan permasalahan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa soal ujian tengah semester ekonomi bentuk essay kelas X di SMA Negeri 5 Jember tahun ajaran 2011-2012 masih kurang berkualitas sehingga membutuhkan beberapa perbaikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301111;
dc.subjectKUALITAS, SOAL UJIANen_US
dc.titleANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER EKONOMI BENTUK ESSAY KELAS X DI SMA NEGERI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record