Show simple item record

dc.contributor.authorI Gede B e n i M an u ab a
dc.date.accessioned2014-01-28T23:52:58Z
dc.date.available2014-01-28T23:52:58Z
dc.date.issued2014-01-28
dc.identifier.nimNIM080210101018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/26784
dc.description.abstractSumber belajar yang masih memegang peran penting dan paling banyak digunakan adalah buku teks. Buku teks sangat penting dan fungsional bagi setiap mata pelajaran di sekolah. Hampir setiap matapelajaran memerlukan minimal satu buku teks yang berkualitas dan relevan. Beberapa tahun terakhir ini telah banyak diterbitkan buku teks bilingual di Indonesia yang merupakan tuntutan penyediaan buku teks bagi sekolah-sekolah dengan kelas bilingual. Buku teks matematika bilingual juga telah diterbitkan dan telah digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas bilingual. Buku teks matematika yang berkualitas, jelas akan meningkatkan kualitas pengajaran matematika. Hal ini juga berlaku untuk buku teks matematika bilingual. Evaluasi terhadap buku teks matematika bilingual dapat dilakukan dengan menggunakan empat kriteria evaluasi buku teks menurut Bell. Bell menyatakan terdapat empat kriteria utama yang dapat digunakan untuk mengevaluasi buku pelajaran matematika yaitu: (a) kriteria yang berhubungan dengan materi matematika, (b) kriteria yang berhubungan dengan metode penyampaian materi, (c) kriteria yang berhubungan dengan karakteristik fisik, dan (d) kriteria yang berhubungan dengan petunjuk untuk guru. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap Buku Mathematics For Junior High School Grade VIII 1 st Semester (Bilingual) yang ditulis oleh M. Cholik Adinawan dan Sugijono terbitan Erlangga pada tahun 2010 dengan menggunakan kriteria Bell. Buku tersebut merupakan buku teks matematika bilingual untuk kelas VIII yang telah digunakan di kelas bilingual. Selain itu, st buku tersebut juga menggunakan Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 yang berlaku sampai saat ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran dan penilaian secara menyeluruh mengenai kesesuaian Buku Mathematics For Junior High School Grade VIII 1 st Semester (Bilingual) berdasarkan kriteria Bell. Data pada penelitian ini adalah data kesesuaian buku teks matematika bilingual berdasarkan kriteria Bell sehingga sumber datanya adalah buku tersebut. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Analisis Kesesuaian Buku berdasarkan kriteria Bell, Lembar Validasi Bahasa Instrumen Pertanyaan dan Lembar Validasi Instrumen Analisis Kesesuaian Buku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil validasi dan data kesesuaian buku. Berdasarkan data hasil validasi didapatkan nilai rerata total untuk semua kriteria (Va) adalah 3,63, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Pada kategori sangat valid tidak perlu dilakukan revisi pada instrumen dan tidak perlu dilakukan validasi kembali. Sehingga instrumen Lembar Analisis Kesesuaian Buku berdasarkan kriteria Bell sudah dapat digunakan dalam penelitian. Setelah data hasil pengamatan kesesuaian buku didapatkan, kemudian dianalisis sesuai metode analisis data. Hasil perhitungan persentase kesesuaian materi matematika dalam buku terhadap kriteria Bell adalah 88,33% atau berkategori sangat baik. Persentase kesesuaian metode penyampaian materi dalam buku adalah 54,29% atau berkategori cukup. Persentase kesesuaian karakteristik fisik buku adalah 90,91% atau berkategori sangat baik dan persentase kesesuaian petunjuk untuk guru pada buku adalah 47,37% atau berkategori cukupen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101018;
dc.subjectAnalisis Buku, Kriteria Bellen_US
dc.titleAN AL I S I S B UK U M A T HE M A T I C S F OR JUN I OR HI GH S C HOOL GR A DE V I I I 1 st S E M E S T E R ( B I L I NGUA L ) B E RD ASARK AN K RI T E RI A B E L Len_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record