Show simple item record

dc.contributor.authorMUCHAMAD SYAIFUL
dc.date.accessioned2014-01-27T03:16:25Z
dc.date.available2014-01-27T03:16:25Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM060920101016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25032
dc.description.abstractuskesmas Besuki, Panarukan dan Asembagus adalah Puskesmas perawatan yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi kualitas pelayanan kesehatan rawat inap di Puskesmas dengan menggunakan perspektif masyarakat miskin. Penggunaan perspektif masyarakat miskin disini yaitu dengan melakukan analisis harapan dan penilaian kualitas pelayanan kesehatan rawat inap di Puskesmas Kabupaten Situbondo. Rancang bangun penelitian ini bersifat obsevasional analitik, pengambilan data dilakukan dengan teknik survey dengan instrumen kuesioner. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dengan total responden sebanyak 90 pasien yang terdiri dari pasien pasca rawat dan pasien yang sedang rawat inap pada bulan Februari sampai dengan bulan April tahun 2008. Dari hasil analisis pada jendela pelanggan terhadap variabel-variabel kualitas pelayanan dengan faktor harapan dan faktor penilaian kualitas pelayanan, diperoleh hasil yang bervariasi dan tersebar kedalam 4 (empat) kuadran yang ada pada jendela pelanggan tersebut. Adapun variabel yang berada pada kuadran satu adalah: 1). variabel kehandalan (dimensi reliability), dan 2). variabel daya tanggap (dimensi responsiveness). Sedangkan pada kuadran dua hanya variabel jaminan (dimensi assurance). Sementara itu yang terdapat pada kuadran tiga adalah variabel perhatian (dimensi emphaty). Dan yang terdapat pada kuadran empat adalah variabel kinerja sumberdaya fisik (dimensi tangible). Dengan demikian rumusan strategi yang direkomendasikan yaitu: meningkatkan variabel kehandalan dan daya tanggap; mengkomunikasikan variabel kinerja sumberdaya fisik; mempertimbangkan peningkatan variabel perhatian dan mempertahankan kinerja dari variabel jaminan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060920101016;
dc.subjectSTRATEGIen_US
dc.titleEVALUASI STRATEGI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT INAP ASKESKIN DI PUSKESMAS KABUPATEN SITUBONDOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record