Show simple item record

dc.contributor.authorTITIK NINGNINA
dc.date.accessioned2014-01-27T02:38:56Z
dc.date.available2014-01-27T02:38:56Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM010210103023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24977
dc.description.abstractSalah satu penentu keberhasilan pendidikan adalah proses belajar mengajar. Penggunaan model pembelajaran yang sesuai dapat membuat siswa menjadi responsif dan lebih mudah memahami dalam mengikuti proses belajar mengajar. Model pembelajaran yang sesuai dengan KBK salah satunya adalah model pembelajaran pertanyaan sharing siklus, dengan model pembelajaran tersebut siswa aktif dalam membuat soal dan jawaban yang dibuat sendiri atau dibuat oleh siswa dari kelompok lain maupun guru (pre-tes dan pos-tes), serta dapat mendorong siswa untuk lebih efektif berfikir dan memudahkan siswa dalam memecahkan masalah, sehingga hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran pertanyaan sharing siklus terhadap hasil belajar siswa, dan mengetahui lebih baik mana model pembelajaran pertanyaan sharing siklus atau konvensional dengan melihat nilai efektivitasnya. Responden penelitian ini ditentukan dengan tehnik tes terlebih dahulu yang diberikan oleh peneliti. Sebelum pengambilan sampel dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. M aka langkah berikutnya memilih dua kelas dari empat kelas dengan melihat rata-rata nilai pre-tes yang hampir sama antara kedua kelas, sehingga s ampel yang terpilih yaitu kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran pertanyaan sharing siklus, dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Data yang diperoleh sebagai hasil belajar siswa terdiri dari 3 aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Data-data tersebut dianalisis menggunakan uji t tes dan dihitung efektivitas relatifnya. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan terhadap hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran pertanyaan sharing siklus dengan model pembelajaran konvensional untuk aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik karena t ix hitung > t tabel , dengan t hitung 1,71 untuk aspek kognitif, 1,70 untuk aspek afektif, dan 1,96 untuk aspek psikomotorik, ketiga aspek tersebut sebesar 1,66. Untuk penelitian selanjutnya perlu adanya informasi pendahuluan sejelas-jelasnya dari guru tentang teknik model pembelajaran pertanyaan sharing siklus dan perlu waktu yang lebih banyak dalam pelaksanaan refleksi diakhir pembelajaran. sedangkan nilai t tabel Kata kunci : Model Pembelajaran Sharing Siklus, Pembelajaran Biologi, Hasil Belajar Siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries010210103023;
dc.subjectModel Pembelajaran Sharing Siklusen_US
dc.titlei PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PERTANYAAN SHARING SIKLUS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Pokok Bahasan Struktur dan Fungsi Alat Tubuh Tumbuhan Kelas VIII Semester I SMP Negeri 12 Jember Tahun Ajaran 2005/2006)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record