Show simple item record

dc.contributor.authorWanang Mujiono
dc.date.accessioned2014-01-23T06:21:15Z
dc.date.available2014-01-23T06:21:15Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM050210192128
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22276
dc.description.abstractPembelajaran fisika yang berlangsung di lapangan masih diajarkan melalui pembelajaran konvensional yang bersumber dari buku dan guru hanya mentransfer pengetahuan atau pikiran ke dalam pikiran siswa, sehingga rata-rata hasil belajar fisika siswa tergolong masih rendah. Strategi action learning dengan metode belajar mandiri dalam pembelajaran fisika adalah belajar gabungan antara metode belajar individu dan metode belajar kelompok yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengalami dari dekat suatu proses belajar yang mempelajari gejala-gejala alam yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik pada siswa yang dikembangkan melalui pengalaman belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji perbedaan hasil belajar fisika antara yang menggunakan strategi action learning dengan metode belajar mandiri dan menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika; (2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran menggunakan strategi action learning dengan metode belajar mandiri dalam pembelajaran fisika; (3) untuk mengetahui retensi hasil belajar fisika siswa terhadap materi yang telah disampaikan melalui strategi action learning dengan metode belajar mandiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan strategi action learning dengan metode belajar mandiri dan menggunakan pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika kelas VII pada materi pokok pengukuran semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 di SMP Negeri 2 Sukowono; (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan strategi action learning dengan metode belajar mandiri pada materi pengukuran kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 termasuk dalam kategori aktif; (3) retensi hasil belajar fisika siswa terhadap materi yang telah disampaikan melalui strategi action learning dengan metode belajar mandiri termasuk dalam kategori sangat tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210192128;
dc.subjectMetode Belajar Mandirien_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI ACTION LEARNING DENGAN METODE BELAJAR MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP (Studi Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Pengukuran Kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record