Show simple item record

dc.contributor.authorAgung Setiawan
dc.date.accessioned2014-01-23T06:02:03Z
dc.date.available2014-01-23T06:02:03Z
dc.date.issued2014-01-23
dc.identifier.nimNIM050210102155
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22229
dc.description.abstractPermasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar fisika siswa di SMA,akibat PBM yang kurang sesuai dengan karakteristik dan hakikat pembelajaran fisika.Selain itu,pembelajaran dengan metode praktikum baik untuk PBM fisika, namun kurang efisien dalam pelaksanaannya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan efisien ,sesuai dengan karakteristik dan hakikat pembelajaran fisika .Salah satu metode pembelajaran yang sesuai adalah metode pembelajaran praktikum .Pembelajaran di laboratorium dengan metode pembelajaran yang lain menunjukkan bahwa praktikum dilaboratorium lebih efektif untuk memperoleh kemampuan pengamatan dan ketrampilan teknik. dalam pembelajaran dengan metode praktikum ini siswa secara aktif melatih keterampilan teknik dan kemampuan pengamatan fisika melalui kegiatan praktikum dan peran guru adalah menjadi fasilitator belajar yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memproses menemukan informasi serta mengkonstruksi konsep konsep fisika yang dipelajarinya untuk mengasah keterampilannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Adakah pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan metode praktikum pada pembelajaran pengantar fisika terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA?; 2) Bagaimanakah retensi belajar fisika siswa setelah pembelajaran dengan metode praktikum pada pembelajaran pengantar fisika di SMA?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengkaji pengaruh pembelajaran dengan metode praktikum pada pembelajaran pengantar fisika terhadap hasil belajar siswa di SMA; (2) Mendeskripsikan retensi hasil belajar setelah pembelajaran dengan metode praktikum pada pembelajaran pengantar fisika di SMA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0 50210102155;
dc.subjectMETODE PRAKTIKUMen_US
dc.titleMetode Praktikum di dalam Pembelajaran Pengantar Fisika SMA: Studi Konsep Besaran dan Satuan Tahun Ajaran 2012-2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record