Show simple item record

dc.contributor.authorAtik Nurifatul Ulla
dc.date.accessioned2014-01-21T14:45:18Z
dc.date.available2014-01-21T14:45:18Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM090210204030
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20044
dc.description.abstractMatematika merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di SD dan memiliki objek kajian yang abstrak. Sifat abstrak ini menyebabkan banyak siswa kesulitan dalam memahami materi matematika. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang lebih menyenangkan sehingga siswa semangat dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitasdan hasil belajar siswa kelas IVD dalam mata pelajaran matematika materi segitiga melalui pendekatan matematika realistik di SDN Rambipuji 02 Jember semester 1tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVD dalam mata pelajaran matematika materi segitiga melalui pendekatan matematika realistikdi SDN Rambipuji 02Jember semester 1 tahun pelajaran 2012/2013. Jeni penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas IVD SDN Rambipuji 02 Jember sebanyak 39 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik berjalan dengan baik. Persentase aktivitas yang diperoleh dari pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik pada siklus I sebesar 71,1% dengan jumlah siswa dengan kriteria sangat aktif 17 siswa, aktif 3 siswa, cukup aktif 12 siswa, dan kurang aktif siswa 7 dan siklus II sebesar 85,6% dengan jumlah siswa sangat aktif 26 siswa, aktif 4 siswa, cukup aktif 7 siswa, dan kurang aktif 1 siswa, sehingga meningkat sebesar 14,5%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 88,9% dengan jumlah siswa sangat baik 24, baik 9, cukup baik 4, dan kurang baik 1 dan silkus II sebesar 100% dengan jumlah siswa sangat baik 35 siswa, baik 3 siswa, dan cukup 1 siswa, sehingga mengalami peningkatan sebesar 11,1%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik berjalan dengan baik dan membuat siswa menjadi aktif dan paham terhadap konsep materi yang diajarkan. Aktivitas belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswadari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar siswa lebih mudah memahami konsep dari materi yang diajarkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204030;
dc.subjectMATEMATIKA REALISTIKen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVD DAL AM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGITIGA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDN RAMBIPUJI 02 JEMBER SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record