Show simple item record

dc.contributor.authorVivilya Agustin Supriyadi
dc.date.accessioned2014-01-21T06:51:02Z
dc.date.available2014-01-21T06:51:02Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080910201036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19907
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di Puskesmas Sempu Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif dan bersifat kausal atau sebab akibat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 46 orang pasien yang sedang menjalani rawat inap. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi sedangkan data skunder diperoleh dari file, buku, jurnal ilmiah atau sumber dokumen lain yang terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari variabel X (independen) yaitu profesionalisme pegawai dan variabel Y (dependen) yaitu pelayanan prima. Profesionalisme pegawai dapat diukur dari tiga indikator yaitu kompetensi pegawai, dedikasi pegawai serta etika pegawai. Sedangkan pelayanan prima dapat diukur dari enam indikator yaitu transparansi, akuntablitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, serta keseimbangan hak dan kewajiban. Teknik pengumpulan data yang utama yaitu menggunakan kuesioner dengan jenis multiple choisce item dengan bentuk pertanyaan tertutup. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai variabel profesionalisme pegawai dinyatakan tinggi yaitu sebesar 97,8%. Variabel tersebut diukur dari indikator kompetensi pegawai sebesar 97,8% yang dinyatakan tinggi, dedikasi pegawai sebesar 58,7% yang dinyatakan cukup tinggi, serta etika pegawai sebesar 82,6% yang dinyatakan cukup tinggi. Sedangkan variabel pelayanan prima dinyatakan baik dengan nilai yang diperoleh sebesar 97,8%. Variabel tersebut diukur dari indikator transparansi sebesar 86,9% yang dinyatakan cukup baik, akuntabilitas sebesar 91,3% yang dinyatakan baik, kondisional sebesar 91,3% yang dinyatakan baik, partisipatif sebesar 69,6% yang dinyatakan cukup baik, kesamaan hak sebesar 69,6% yang dinyatakan cukup baik, keseimbangan hak dan kewajiban sebesar 89,1% yang dinyatakan baik. Selanjutnya hasil analisis data dengan menggunakan rank spearman diperoleh rs hitung sebesar 0,53282 lebih besar dari rs tabel yaitu 0,291. Berdasarkan taraf signifikansi =5% diperoleh hasil uji t-test didapatkan t hitung sebesar 4,17656 lebih besar dari t tabel yaitu 2,021, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme pegawai terhadap pelayanan prima.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080910201036;
dc.subjectProfesionalisme Pegawai, Pelayanan Primaen_US
dc.titlePENGARUH PROFESIONALISME PEGAWAI TERHADAP PELAYANAN PRIMA (Studi Pelayanan Rawat Inap di Puskesmas Sempu Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record