Show simple item record

dc.contributor.authorArini Susana
dc.date.accessioned2014-01-19T01:12:16Z
dc.date.available2014-01-19T01:12:16Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nimNIM080210402031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17147
dc.description.abstractSebagai salah satu keterampilan berbahasa yang bersifat aktif, keterampilan berbicara bukanlah hal yang mudah untuk dikuasai siswa. Penguasaanya membutuhkan latihan yang intensif, bukan hanya menyangkut aspek kebahasaanya melainkan juga aspek nonkebahasaanya. Observasi awal menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas VIIIA MTs Zainul Bahar pada saat menyampaikan pendapatnya di depan kelas masih belum mencapai ketuntasan belajar. Hal tersebut karena faktor kebahasaan dan nonkebahasaan yang kurang dikuasai siswa. Faktor kebahasaan yang kurang dikuasai siswa meliputi : pelafalan, intonasi, tekanan nada, dan durasi yang kurang tepat; kalimat yang digunakan siswa kurang efektif. Faktor nonkebahasaan yang kurang dikuasai siswa meliputi : kurangnya keberanian, kelancaran, kenyaringan, dan penguasaan topik. Proses belajar mengajar membutuhkan strategi pembelajaran baru, agar siswa lebih aktif di kelas. Penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Strategi pembelajaran ini dipilih karena dalam penerapannya siswa dituntut untuk berpikir sendiri (Think), mendiskusikan dengan pasangannya (Pair), dan berbagi dengan teman sekelas (Share). Metode tersebut akan mendukung keterampilan berbicara.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210402031;
dc.subjectKETERAMPILAN BERBICARAen_US
dc.titleMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIIIA MTS ZAINUL BAHAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record