Show simple item record

dc.contributor.authorSRI WULANDARI
dc.date.accessioned2014-01-18T11:13:29Z
dc.date.available2014-01-18T11:13:29Z
dc.date.issued2014-01-18
dc.identifier.nimNIM070210191158
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17048
dc.description.abstractBerdasarkan salah satu tujuan pembelajaran matematika di SMA, siswa tidak hanya dituntut untuk sekedar bisa melakukan perhitungan dalam menyelesaikan soalsoal matematika, tetapi juga harus benar-benar memahami konsep matematika dari materi yang diajarkan khususnya konsep-konsep yang menjadi prasyarat konsep selanjutnya. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan pembelajaran yang dapat menjadikan materi matematika yang diajarkan menjadi barmakna bagi siswa. Sehingga materi yang diajarkan bisa terus melekat pada ingatan siswa. Berdasarkan pengalaman saat melaksanakan pembelajaran matematika di MA As Shofa, siswa lebih mudah mengingat materi yang diajarkan ketika guru mampu menyajikan materi pelajaran dengan pembelajaran bermakna. Salah satu bentuk pengembangan proses pembelajaran matematika yang dapat membuat pembelajaran matematika lebih bermakna adalah pembelajaran matematika dari Jerome Brunner. Menurut Bruner, belajar bermakna hanya dapat terjadi melalui belajar inkuiri (penemuan). Pengetahuan yang diperoleh melalui belajar inkuiri (penemuan) bertahan lama dan mempunyai efek transfer yang lebih baik. Dengan pembelajaran inkuiri menggunakan teori belajar Bruner ini diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MA As Shofa yang berjumlah 14 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2012, siklus II dilaksanakan pada tanggal 24 dan 30 Januari 2012. Pendekatan yang diambil dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini berupa penjelasan tentang penerapan pembelajaran inkuiri menggunakan teori belajar Bruner dengan penilaian aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model skema Hopkins yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian menggunakan dua siklus. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, dokumentasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta hasil nilai kognitif. Dari hasil analisis data bahwa penerapan pembelajaran inkuiri menggunakan teori belajar Bruner pada materi nilai kebenaran kalimat majemuk dan negasinya berjalan dengan baik dan dapat dikatakan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Persentase keaktifan secara klasikal di siklus I adalah 95% untuk pembelajaran pertama, dan 90% untuk pembelajaran kedua. Hal ini dikarenakan ada dua siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik karena kondisi tubuh yang tidak sehat. Dari perolehan data tersebut terlihat bahwa aktivitas siswa semakin menurun. Untuk hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal 100% pada siklus I dan siklus II. Karena tidak ada perubahan pada ketuntasan secara klasikal, maka yang menjadi indikator yang lain keberhasilan penerapan pembelajaran adalah nilai ratarata klasikal yang diraih pada masing-masing siklus. Nilai rata-rata klasikal yang dicapai mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I mencapai 79 dan pada siklus II mencapai 84. Terlihat jelas hasil belajar mengalami peningkatan. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran pembelajaran inkuiri menggunakan teori belajar Bruner dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi nilai kebenaran kalimat majemuk dan negasinya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191158;
dc.subjectPEMBELAJARAN INKUIRI, TEORI BELAJAR BRUNER, HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN TEORI BELAJAR BRUNER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN NILAI KEBENARAN KALIMAT MAJEMUK DAN NEGASINYA KELAS X MA AS SHOFA JEMBER TAHUN AJARAN 2011/ 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record