Show simple item record

dc.contributor.authorKurniati, Dian
dc.date.accessioned2013-11-23T03:10:57Z
dc.date.available2013-11-23T03:10:57Z
dc.date.issued2012-12-14
dc.identifier.issn978-979-028-526-2
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1633
dc.description.abstractPemerintah telah mencanangkan bahwa pendidikan di Indonesia diarahkan untuk mengembangkan karakter peserta didik baik di tingkat pendidikan dasar, pendidikan menengah ataupun pendidikan tinggi. Akan tetapi pada kenyataannya, masih banyak pembelajaran di pendidikan menengah yang belum memfokuskan pada pengembangan karakter anak. Hal ini terjadi juga pada kegiatan belajar mengajar matematika di SMP Plus Al Mubarak Jember. Sehingga perilaku negatif dari siswa di SMP Al Mubarak Jember tetap terjadi, misalkan ketika pembelajaran matematika berlangsung kegiatan mencotek pada saat ujian, penggunaan bahasa dan kata yang tidak sopan, serta ketidakpercayaan diri dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. Bilangan bulat merupakan materi dasar dalam matematika, sehingga diharapkan dari kegiatan belajar bilangan bulat berbasis lesson study mampu membentuk sembilan pilar karakter anak yaitu :1) Cinta Tuhan dan ciptaan-Nya, 2) Kemandirian dan Tanggung jawab, 3) Kejujuran/Amanah dan Bijaksana, 4) Hormat dan santun, 5) Dermawan, suka Menolong, dan Gotong Royong, 6) Percaya Diri, Kreatif, dan Pekerja Keras, 7) Kepemimpinan dan Keadilan, 8) Baik dan Rendah Hati, serta 9) Toleransi, Kedamaian, dan Kesatuan. Subyek dalam penelitian ini adalah 30 siswa keas VII SMP Plus AL Mubarak Jember Semester Gasal 2012/2013. Penerapan lesson study pada KBM ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan setiap siklusnya dilakukan pada satu pertemuan. Pelaksanaan Lesson Study untuk sub pokok bahasan operasi bilangan bulat ini melibatkan seorang guru sebagai guru model, satu orang dosen dan dua orang guru sebagai observer, dan satu karyawan sebagai pengambil gambar selama KBM. Observer tersebut mengamati sembilan pilar karakter anak yang muncul ketika proses KBM berlangsung. Setiap observer mengamati dua kelompok dengan setiap kelompok terdapat lima siswa. Pada siklus pertama, tujuan yang ingin dicapai setelah siswa belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat masih jauh dari harapan. Akan tetapi pada siklus kedua, tujuan yang kan dicapai sudah terwujud yaitu pada diri 25 siswa mulai muncul sembilan pilar karakter anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah yang digunakan dalam kegiatan lesson study ini dapat diterapkan untuk membentuk sembilan pilar karakter anak pada siswa kelas VII SMP Plus AL Mubarak jemberen_US
dc.publisherUNESA University Pressen_US
dc.subjectSembilan Pilar Karakter Anak, Lesson Study, Operasi Bilangan Bulaten_US
dc.titlePEMBENTUKAN SEMBILAN PILAR KARAKTER SISWA KELAS VII SMP PLUS AL MUBARAK JEMBER MELALUI PEMBELAJARAN OPERASI BILANGAN BULAT BERBASIS LESSON STUDYen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record