Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Title
Now showing items 11680-11699 of 14248
-
Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Melalui Bermain Media Pohon Hitung Di Tk Taman Indria Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017
(2017-10-23)Minat anak terhadap angka sangat besar. Kemampuan berhitung dibangun oleh keingintahuan, semangat anak-anak dalam proses pembelajaran, berbagai bentuk angka seringkali ditemui, misalnya permainan kereta angka. ... -
Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Melalui Media Permainan Balok Cuisenaire Di Tk Asy-Syafa’Ah Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
(2017-11-27)Kemampuan berhitung permulaan adalah kemampuan yang dimiliki anak dalam memahami konsep dasar-dasar matematika atau berhitung permulaan yang dimiliki setiap anak untuk mengembangkan kemampuan sesuai tahap usia perkembangannya, ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN BOLA ANGKA DI PAUD ISLAM TERPADU NURUL JANNAH KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016
(2016-08-10)Kemampuan berhitung permulaan merupakan kemampuan yang dimiliki anak dengan mengenali konsep bilangan pada matematika. Kemampuan berhitung permulaan pada usia 5-6 tahun meliputi kemampuan mengenal dan menyebutkan lambang ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A2 DI TK JEMBER PERMAI I KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN
(2016-08-10)Pemilihan dan penerapan media yang tepat dalam proses pembelajaran berhitung permulaan pada anak usia dini diperlukan sebagai sarana penyampaian materi kepada anak agar dapat diterima dengan baik dan proses pembelajaran ... -
Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media Sempoa Pada Anak Kelompok b1 Di Tk Amelia Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
(2018-05-25)Kogintif merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Aspek perkembangan kognitif dapat dikembangkan dalam belajar matematika. Anak belajar matematika seperti menyebut bilangan, menghitung urutan ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN DADU PADA ANAK KELOMPOK B1 DI RA PERWANIDA 2 CLURING BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
(2017-08-04)Pengembangan kognitif merupakan suatu proses berupa kemampuan menghubungkan, menilai dan memperimbangankan sesuatu (depdiknas, dalam purwanti, 20013:3). Salah satu aspek pengembangan kognitif adalah pembelajaran matematika. ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A2 MELALUI BERMAIN KARTU BERGAMBAR DI TK ILMU AL-QUR’AN SEMPUSARI KALIWATES JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2016-11-21)Kemampuan Berhitung memegang peran penting bagi individu dalam kehidupan sehari-hari. Namun secara keseluruhan kemampuan berhitung pada kelompok A2 TK Ilmu Al-Qur’an Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 ... -
Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Seni Musik Di TK PGRI Arjuna Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
(2018-05-18)Hasil observasi yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan bernyanyi anak kelompok B di TK PGRI Arjuna Kalisat-Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 sebagian masih rendah. Pada saat prasiklus, terdapat 14 dari 20 ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE SISWA KELAS V SDN TEGALGEDE 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017
(2017-10-03)Pembelajaran IPA di sekolah dasar bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa melalui pembelajaran yang menekankan pada pengalaman langsung berupa pengamatan atau percobaan. Namun pada kenyataannya pembelajaran IPA di ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH-MASALAH SOSIAL MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SDN UMBULSARI 04 TAHUN PELAJARAN 2011-2012
(2013-09-17)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Umbulsari 04, kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Pada proses pembelajaran, ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH-MASALAH SOSIAL MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SDN UMBULSARI 04 TAHUN PELAJARAN 2011-2012
(2013-12-19)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Umbulsari 04, kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Pada proses pembelajaran, kegiatan siswa ... -
Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Materi Masalah-Masalah Sosial Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas IV SDN Umbulsari 04 Tahun Pelajaran 2011-2012”,
(2014-01-22)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Umbulsari 04, kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Pada proses pembelajaran, kegiatan siswa ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MURDER KELAS X SOS SMA NEGERI 1 MARON PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2014/2015
(2016-01-08)Paradigma pembelajaran saat ini mengalami perubahan yang semula berpusat pada pendidik menjadi berpusat pada peserta didik. Pendidik diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran yang menuntut peserta didik aktif dalam ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV-A SDN TEGAL GEDE 1 JEMBER MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI DAN PERUBAHANNYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
(2014-10-30)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalgede 01, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. Berdasarkan hasil observasi pada kedua kelas IV, dipilih subjek penelitian siswa kelas IV-A yang berjumlah 32 siswa untuk tahun ajaran 2013/2014 ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWAMELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVINGMATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH - MASALAH SOSIAL KELAS IVB SDN 7 KAJARHARJO KALIBARU BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2012-2013
(2014-04-21)Pada penelitian ini subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IVb dengan jumlah 20 siswa yang terdiri atas 9 laki – laki dan 11 perempuan di SDN 7 Kajarharjo. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru kelas ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IVA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI SDN GLAGAHWERO 01 PANTI JEMBER
(2014-01-22)Salah satu tujuan pembelajaran PKn adalah untuk menjadikan siswa mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi persoalan hidup maupun isu kewarganegaraan di negaranya. Untuk mencapai tujuan ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IVA MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING POKOK BAHASAN GLOBALISASI DI SDN GLAGAHWERO 01 PANTI JEMBER
(2013-12-10)Salah satu tujuan pembelajaran PKn adalah untuk menjadikan siswa mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi persoalan hidup maupun isu kewarganegaraan di negaranya. Untuk mencapai tujuan ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION) BERBASIS OBSERVASI GEJALA FISIS SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 11 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
(2014-03-27)Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, terjadi peningkatkan kemampuan fisika pada siswa kelas VII-D SMP Negeri 11 Jember dengan kategori N-gain sedang pada pra siklus ke siklus 2 dan sudah mencapai ... -
Peningkatan Kemampuan Kerja Ilmiah Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Model Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Tapen Tahun Ajaran 2011/2012
(2013-12-20)Data hasil observasi awal, didapatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Tapen masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru pengajar yang telah dilakukan didapatkan ... -
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A MELALUI METODE DEMONSTRASI KOMBINASI DENGAN METODE EKSPERIMEN DI KELOMPOK BERMAIN NUSA INDAH KECAMATAN MAESAN KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2017-01-24)Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Bermain Nusa Indah Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2015/2016, dengan subyek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 15 anak. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ...