Show simple item record

dc.contributor.authorArief Furqon
dc.date.accessioned2014-01-17T05:52:30Z
dc.date.available2014-01-17T05:52:30Z
dc.date.issued2014-01-17
dc.identifier.nimNIM080210101039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15962
dc.description.abstractPembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD merupakan pembelajaran yang bertujuan untuk memotivasi siswa agar saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasai kemampuan yang diajarkan. Hasil wawancara dengan guru SMP Negeri 3 Peterongan Jombang menunjukkan bahwa guru biasanya menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sub pokok bahasan segitiga dan segiempat kelas VII C SMP Negeri 3 Peterongan Jombang tahun ajaran 2011/2012; (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD sub pokok bahasan segitiga dan segiempat kelas VII C SMP Negeri 3 Peterongan Jombang tahun ajaran 2011/2012; (3) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD sub pokok bahasan segitiga dan segiempat kelas VII C SMP Negeri 3 Peterongan Jombang tahun ajaran 2011/2012. Pembelajaran pertama dilaksanakan pada hari minggu tanggal 26 Maret 2012 di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang. Subjek penelitian di dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak dua siklus dan di tambah satu pertemuan untuk angket pembelajaran. Pada siklus I diadakan empat kali pembelajaran dan ditambah satu pertemuan untuk tes akhir 1. Pada siklus II diadakan satu kali pembelajaran dan ditambah satu pertemuan untuk tes akhir 2. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi, metode observasi, metode wawancara, metode tes, dan metode angket. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data tentang: (1) penerapan model kooperatif tipe STAD sub pokok bahasan segitiga dan segiempat; (2) aktivitas belajar siswa; (3) hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sub pokok bahasan segitiga dan segiempat di kelas VII C SMP Negeri 3 Peterongan Jombang dilaksanakan dengan baik. Ada beberapa tahapan di dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu: presentasi kelas, membagi siswa menjadi beberapa tim, memberikan kuis kepada siswa, menghitung skor kemajuan individu yang diperoleh siswa, dan rekognisi tim. Pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya skor aktivitas yang diperoleh siswa di akhir pembelajaran siklus II. Aktivitas siswa yang diamati dalam penelitian ini adalah aktivitas lisan, tertulis, dan bekerjasama. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa adalah: 50% pada kuis 1; 60,71% pada kuis 2; 75% pada kuis 3; dan 64,29% pada tes akhir 1. Pada siklus II, persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 82,14% pada tes akhir 2. Secara keseluruhan ditinjau dari persentase aktivitas siswa dan guru, pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dilaksanakan dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan dalam penerapannya. Penelitian ini juga dikategorikan berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210101039;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe STADen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C pada Sub Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di SMP Negeri 3 Peterongan Jombang Tahun Ajaran 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record