Show simple item record

dc.contributor.authorOvilia Mahardian
dc.date.accessioned2014-01-16T23:03:27Z
dc.date.available2014-01-16T23:03:27Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM080210204131
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15522
dc.description.abstractFakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam pembelajaran masih berorientasi pada guru. Siswa cenderung menerima apa saja yang telah diterangkan oleh guru tanpa harus mengetahui apa manfaat dari pelajaran tersebut sehingga aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA masih belum aktif. Penggunaan metode diskusi dengan media gambar pada papan buletin menuntut siswa untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan kegiatan diskusi siswa dapat mengemukakan pikirannya, saling bertukar pendapat dan saling bekerjasama untuk membangun pengetahuan tentang suatu masalah. Harapan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi dengan media gambar pada papan buletin, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi dengan media gambar pada papan buletin. Penelitian dilaksanakan di SDN Sumbergondo I pada siswa kelas IV yang terdiri 37 siswa, 25 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas, sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 04 Nopember 2010 sampai dengan 18 Nopember 2010. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan skor tes individu. Hasil Penilaian pada siklus I aktivitas siswa vii mencapai 73,48%. Pada siklus II aktivitas siswa mencapai 89,02%. Analisis hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 78,38% dan pada siklus II mencapai 94,59%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan metode diskusi dengan media gambar pada papan buletin dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini dapat terlihat dari kemampuan bertanya terjadi peningkatan sebesar 37,36 % pada siklus I mencapai 27,5% dan siklus II mencapai 64,86 %. Mendengarkan penjelasan dari guru juga meningkat sebesar 16,99 % dengan persentase dari siklus I 76,25 % dan siklus II 93,24 %. Menyusun gambar pada papan buletin menunjukkan peningkatan sebesar 4,32% pada siklus I 95% dan siklus II 99,32%. Sedangkan interaksi dalam berdiskusi meningkat sebesar 4,04 % pada siklus I 94,6 % dan siklus II 98,64%. Secara keseluruhan aktivitas siswa meningkat sebesar 15,54% pada siklus I 73,48% dan siklus II 89,02 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA pokok bahasan Daur Hidup Hewan menggunakan metode diskusi dengan media gambar pada papan buletin dapat meningkatkan aktivitas siswa. Penggunaan metode diskusi dengan media gambar pada papan buletin dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan dapat dilihat dari analisis hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas belajar berjumlah 29 siswa sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah 8 siswa. Persentase ketuntasan pada siklus I mencapai 78,38 %. Pada siklus II siswa yang tuntas belajar belajar berjumlah 35 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar berjumlah 2 siswa. Persentase ketuntasan pada siklus II mencapai 94,59%. Dengan demikian ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 16,21en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204131;
dc.subjectDAUR HIDUP HEWANen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN DAUR HIDUP HEWAN MELALUI PENGGUNAAN METODE DISKUSI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PAPAN BULETIN Siswa Kelas IV SDN Sumbergondo I Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record