Browsing UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana) by Author "UMAMAH, Nurul"
Now showing items 1-20 of 34
-
Analisis Kualitas Soal Formatif Semester Genap Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips Sman 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018
FITRIAWATI, Anita (2019-08-22)Pada era globalisasi menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berkualitas tinggi. Realita yang ada pendidik belum mampu memenuhi target kurikulum secara maksimal. Evaluasi penting dilakukan pendidik disekolah untuk ... -
Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Menggunakan Model Evaluasi CIPP di SMA Negeri 1 Kencong
SAIDAH, Malichatus (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2019-03-05)Pembelajaran sejarah sebagai suatu program juga tidak terlepas dari kekurangan dan kelebihan dari pelaksanaanya. Begitu juga dengan penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah yang masih banyak dijumpai permasalahan ... -
Pedagogical Content Knowledge (Pck) Pendidik Sejarah SE Kabupaten Jember
SUSILOWATI, Indah (2019-05-31)Pendidik profesional menjadi salah satu persyaratan meningkatnya kualitas pendidikan suatu negara. Pendidik memiliki peranan besar untuk menciptakan pengalaman belajar yang mendukung target kurikulum. Pendidik juga berperan ... -
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 ARJASA
SARI, Arti Permata (2018-08-23)Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran yang disusun pendidik telah mengintegrasikan nilai-nilai karakter utama yang meliputi religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. ... -
Pendidikan di Jawa Pada Masa Pergerakan Nasional Tahun 1908-1928
JANNAH, Rofiatul Nur (2018-11-22)Kesimpulan yang dapat diambil dari garis besar penelitian ini adalah penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah mempunyai sifat dualisme pendidikan. Selain sifat dualisme, pendidikan yang diterapkan ... -
PENERAPAN METODE ACCELERATED LEARNING DISERTAI MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 2 MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017
UBAIDILLAH, Iqbal (2018-02-08)Pembelajaran sejarah memiliki tujuan penting yang harus dicapai, diantaranya ialah: (1) materi pelajaran sejarah harus dapat mengembangkan integritas dan jati diri dari peserta didik; (2) pembelajaran sejarah harus ... -
Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Historical Analysis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri Grujugan Tahun Ajaran 2017/2018
MUTTAFIQ, Ahmad Muhammad (2019-05-29)Pembelajaran sejarah bertujuan mengembangkan kemampuan berfikir historis (historical thinking) yang menjadi dasar bagi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis, kreatif, inspiratif, dan inovatif. Salah ... -
Penerapan Metode Project Based Learning Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2016/2017
INSANUAR, Chafi (2019-08-21)Pembelajaran sejarah diharapkan peserta didik mampu mengkonstruksi fakta sejarah yang ada untuk membuat pembelajaran sejarah menjadi lebih bermakna. Namun hasil belajar yang didapatkan dalam pembelajaran sejarah masih belum ... -
Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Historical Comprehension Dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri Jenggawah Tahun Ajaran 2017/2018
SETRORINI, Eka (2018-08)Tujuan penting dari pembelajaran sejarah adalah kualitas pemahaman sejarah (historical comprehension) peserta didik. Proses pembelajaran berkenaan dengan upaya memperkenalkan peserta didik terhadap disiplin ilmu sejarah ... -
Penerapan Model pembelajaran Inquiring Minds Want To Know untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pembelajaran Sejarah pada Kelas XI IPS 1 di SMAN Ambulu Tahun Ajaran 2017-2018
Nugraha, Saputra Jaya (2018-11-14)Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas XI IPS 1 adalah pendidik masih menggunakan media pembelajaran gambar kurang disukai oleh peserta didik. Media yang digunakan pendidik sama dengan sebelumnya ... -
Penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Ips 2 Man 1 Jember Tahun Ajaran 2017/2018
PRIYANTI, Putri Ulfa (2019-04-11)Pembelajaran sejarah memiliki tujuan penting yang harus dicapai, antara lain: (1) materi pelajaran sejarah harus mampu mengembangkan integritas dan jati diri peserta didik; (2) adanya rangsangan-rangsangan baik untuk dapat ... -
Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Modul Berbasis Sejarah Lokal Budaya Osing Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Model r2d2 Pada Siswa Kelas X Ips DI Sma Negeri 1 Genteng Tahun Pelajaran 2018/2019
ULLA, Zahratul (Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidian Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Kependidikan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2019, 2019-04-22)Pembelajaran sejarah bertujuan yaitu menumbuhkembangkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air, melahirkan empati dan perilaku toleran yang ... -
Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Modul Berbasis Sejarah Lokal Budaya Osing Pada Mata Pelajaran Sejarah Dengan Model R2D2 Pada Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Genteng Tahun Pelajaran 2018/2019
ULLA, Zahratul (2019-10-08)Pembelajaran sejarah bertujuan yaitu menumbuhkembangkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air, melahirkan empati dan perilaku toleran yang ... -
PENGEMBANGAN CERITA SEJARAH “GAYATRI SRI RAJAPATNI PEREMPUAN PEMBANGUN IMPERIUM MAJAPAHIT” PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA KELAS X DENGAN MODEL ASSURE
WAHYUNI, Eni Sri (2016-11-16)Latar belakang masalah penelitian ini yaitu pembelajaran sejarah menjadi alat yang sangat penting dalam menghadirkan peristiwa masa lampau. Dalam kurikulum 2013 sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran harus ... -
Pengembangan E-Book Sejarah Indonesia Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Menggunakan Model ASSURE
WULANDARI, Hestik (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2019-04-10)Pembelajaran sejarah yang berdasarkan kurikulum 2013 bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bangsa serta kemampuan dalam mengembangkan kehidupan pribadi peserta didik, masyarakat, dan bangsa. Rangkaian peristiwa ... -
Pengembangan E-Book Sejarah Indonesia Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Menggunakan Model ASSURE
WULANDARI, Hestik (2019-08-14)Pembelajaran sejarah yang berdasarkan kurikulum 2013 bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bangsa serta kemampuan dalam mengembangkan kehidupan pribadi peserta didik, masyarakat, dan bangsa. Rangkaian peristiwa ... -
Pengembangan E-Mdul berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Sejarah di Kelas SMA dengan Model 4D
RAHMAWATI, Nanda Diyah (2019-10-01)Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu tujuan pembelajaran sejarah yang direkomendasikan dalam kurikulum 2013. Namun berdasarkan tes kemampuan berpikir kritis di kelas XI IPA 4 SMAN 1 Genteng diketahui bahwa: (1) ... -
Pengembangan E-modul Berbasis DD/CT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas XI SMA dengan Model ADDIE
JANNAH, Ninik Maftuchatul (2019-10-02)Dalam kurikulum 2013 salah tujuan belajar sejarah adalah melatih kemampuan mental seperti berpikir kritis. Berdasarkan data berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMAN Jenggawah diketahui bahwa: (1) 87% kurang mampu ... -
Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill (HOTS) Dengan Model 4D
WAHYUNINGTYAS, Novy Rizky (2019-03-19)Pembelajaran sejarah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 untuk jenjang SMA menuntut peserta didik untuk berfikir tingkat tinggi meliputi kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Berdasarkan hasil observasi KD ... -
Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah Berbasis Inquiry Untuk Meningkatkan Historical Analysis Dengan Menggunakan Model Assure
URMILAH, Siti (2019-03)Salah satu tujuan pembelajaran sejarah adalah meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran sejarah yaitu menganalisis peristiwa sejarah dan menyajikan hasil analisisnya ke dalam bentuk tulisan berdasarkan ...