Browsing UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana) by Title
Now showing items 32909-32928 of 61695
-
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DISERTAI MEDIA CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
(2014-07-11)Berdasarkan analisis data aktivitas belajar untuk kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media Card Sort memiliki presentase rata-rata aktivitas belajar sebesar ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Klatakan 01 Jember
(2019-09-09)Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru kelas VA di SDN Klatakan 01 pada hari Rabu tanggal 25 Juli 2018, diperoleh beberapa pemasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran yaitu pelaksanaan pembelajaran IPS ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARANIPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI DI SDN BARATAN 01 JEMBER
(2016-08-10)Ilmu Pengetahuan Alam adalah suatu pengetahuan yang mempelajari gejala alam di muka bumi. Dewasa ini tumbuh kesadaran di dunia pendidikan bahwa proses belajar mengajar akan lebih efektif apabila siswa berpartisipasi secara ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SDN KEBONSARI 01 JEMBER
(2016-08-18)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Tema Cita Citaku Pada Siswa Kelas IV SDN Setail 01 Banyuwangi
(2018-08-14)Hasil wawancara terhadap guru dan siswa kelas IV SDN Setail 01 Banyuwangi dalam pembelajaran pada tema Cita-Citaku bahwasanya materi yang diterapkan dengan menggunakan pendekatan saintifik hasilnya kurang maksimal. Berdasarkan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 03 Jember
(2019-09-04)Aktivitas belajar siswa perlu dibangun agar situasi di dalam kelas tidak hanya berpusat pada guru. Berbagai kendala selama proses pembelajaran tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan dan sebagian ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA SUB-POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VII C SMP NEGERI 2 ARJASA TAHUN AJARAN 2011/2012
(2014-01-18)Salah satu kendala utama pembelajaran di sekolah adalah kurang antusiasnya siswa untuk belajar. Siswa lebih cenderung menerima apa saja yang disampaikan oleh guru, diam dan enggan dalam mengemukakan pertanyaan maupun ... -
“Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Sub-Pokok Bahasan Persegi panjang Dan Persegi Kelas VII C SMP Negeri 2 Arjasa Tahun Ajaran 2011/2012”
(2014-01-17)Salah satu kendala utama pembelajaran di sekolah adalah kurang antusiasnya siswa untuk belajar. Siswa lebih cenderung menerima apa saja yang disampaikan oleh guru, diam dan enggan dalam mengemukakan pertanyaan maupun ... -
“Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Sub-Pokok Bahasan Persegi panjang Dan Persegi Kelas VII C SMP Negeri 2 Arjasa Tahun Ajaran 2011/2012”
(2014-01-17)Salah satu kendala utama pembelajaran di sekolah adalah kurang antusiasnya siswa untuk belajar. Siswa lebih cenderung menerima apa saja yang disampaikan oleh guru, diam dan enggan dalam mengemukakan pertanyaan maupun ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA SEHAT ITU PENTING KELAS VA DI SD MUHAMMADIYAH 1 JEMBER
(2017-03-08)Temuan Penelitian menunjukkan dengan menggunakan media gambar proyektor dapat meningkatkan sikap peduli siswa, melalui diskusi kelompok dengan mencocokkan kartu soal dan kartu jawaban dapat meningkatkan kerjasama ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MEDIA KOMIK PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR (Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Semboro Jember)
(2013-12-04)Hasil observasi awal di kelas VII C SMP Negeri 1 Semboro Jember, ditemukan motivasi siswa yang masih memerlukan perbaikan. Berdasarkan analisis data hasil angket motivasi ARCS pada tahap pra siklus didapatkan hasil ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS VII D SMP NEGERI 1 BALUNG TAHUN AJARAN 2011/2012
(2013-08-22)Berdasarkan data pra siklus yang dilakukan pada tanggal 13 September 2011 di kelas VII D SMP Negeri 1 Balung, ditemukan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa tergolong ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII F PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI SMP NEGERI 2 ARJASA TAHUN AJARAN 2012/2013
(2013-12-24)Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah persentase aktivitas guru pada pembelajaran 1 sebesar 71,11%, pembelajaran 2 sebesar 73,33%, pembelajaran 3 sebesar 88,89%, dan pada pembelajaran 4 sebesar 93,33%. Berdasarkan ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS VII D SMP NEGERI 1 BALUNG TAHUN AJARAN 2011/2012
(2013-12-20)Berdasarkan data pra siklus yang dilakukan pada tanggal 13 September 2011 di kelas VII D SMP Negeri 1 Balung, ditemukan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa tergolong masih rendah serta karakter ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN KEGIATAN MANUSIA DI SDN JEMBER KIDUL 02
(2017-10-30)Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilaksanakan pada tanggal 02 Desember 2016, guru kelas IV di SDN Jember 02 Jember masih belum menjalankan perannya dengan baik. Pembelajaran masih bersifat berpusat pada guru ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN UANG SESUAI DENGAN KEBUTUHANNYA PADA SISWA KELAS III SDN PATEMPURAN 01 KALISAT-JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2009/2010
(2014-01-23)Hasil belajar pada observasi awal menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran IPS sampai saat ini masih belum optimal. Faktornya adalah metode pembelajaran yang diberikan oleh guru bersifat monoton, guru cenderung ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMA NEGERI ARJASA
(2016-11-15)Pendidikan merupakan suatu investasi yang berharga bagi setiap orang dimana investasi ini akan dapat meningkatkan nilai manusia dengan kualitas pendidikan yang bermutu. Peningkatan kualitas pendidikan telah dilakukan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media Pembelajaran Komputer (Macromedia Flash) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VIII-C MTs Nurul Amin Jatiroto
(2014-01-22)Pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional, untuk membuat siswa belajar secara aktif yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. Keberhasilan dalam proses pembelajaran dipengaruhi ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER (MACROMEDIA FLASH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII-C MTs NURUL AMIN JATIROTO
(2013-10-31)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa khususnya di bidang studi fisika. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal dengan guru fisika MTs Nurul Amin ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER (MACROMEDIA FLASH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII-C MTs NURUL AMIN JATIROTO
(2013-12-20)Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Amin Jatiroto, pengambilan subyek penelitian adalah kelas VIII-C sebanyak 30 siswa, kelas ini ditentukan berdasarkan masalah ...