Browsing UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana) by Title
Now showing items 41151-41170 of 61666
-
PENGARUH PENERAPAN METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME) TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS MELATI PKK KECAMATAN BANYUWANGI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2013-12-04)Penerapan metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Metode Beyound Centers and Circle Time (BCCT) atau Pendekatan Sentra dan Lingkaran adalah ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME) TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS MELATI PKK KECAMATAN BANYUWANGI KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(2014-01-18)Penerapan metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Metode Beyound Centers and Circle Time (BCCT) atau Pendekatan Sentra dan Lingkaran adalah ... -
Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Kegiatan Jual Beli di SDN Kepatihan 06 Jember
(2018-12-03)Penggunaan metode yang tepat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton dapat membuat siswa merasa bosan mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV DI SDN PATRANG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
(2017-08-03)Metode yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah metode random sampling dengan teknik undian. Hasilnya yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Kemudian ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS DI SDN KEMUNINGSARI LOR 02 JEMBER
(2017-12-19)Hasil wawancara dan observasi dengan guru kelas IV A dan B SDN Kemuningsari Lor 02 pada tanggal 20 Juli 2016, menunjukkan bahwa guru masih kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan ... -
Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Kelas V Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita di SDN Sumbersari 03 Jember
(PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER, 2020)Perkembangan ilmu Pendidikan memberikan pengaruh positif dan negatif bagi masyarakat Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan agar dapat bersaing yaitu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Meningkatkan kualitas SDM ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN METODE INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SDN AJUNG 01 JEMBER
(2017-01-13)Pendidikannasionalharusmampumenjaminpemerataankesempatanpendidikan, peningkatanmutudanrelevansisertaefisiensimanajemenpendidikan.Pemerataankesemp atanpendidikandiwujudkandalam program wajibbelajar 9 tahun.Perwujudanpr ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN JEMBER KIDUL 04 JEMBER
(2017-08-18)Hasil wawancara di lapangan pembelajaran IPS masih di dominasi oleh guru dalam bentuk metode yang berupa ceramah, penugasan dan diskusi kelompok saja. Hasil dokumen yang didapatkan pada hari Jumat tanggal 11 Januari 2017 ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN RAMBIGUNDAM 01 JEMBER
(2018-04-17)Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penerapan metode pembelajaran TPS (think pair share) terhadap hasil belajar siswa ... -
Pengaruh Penerapan Metode Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Balung Lor 03
(Jurusan Ilmu Pendidikan; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020-06-03)Pembelajaran pada kurikulum 2013 saat ini lebih menekankan pada karakteristik pembelajaran yang mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai ... -
Pengaruh Penerapan Metode Proyek Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Al Irsyad Al Islamiyyah Kabupaten Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-02-10)AnakiUsiaiDini mempunyai enam aspekiperkembangan yangiharus distimulasi. Salahisatunyaiadalah kemampuan motorikihalusianak. Kemampuan ini memang tidak membutuhkan tenaga yang kuat, namun membutuhkan adanya koordinasi ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TEMA BERBAGAI PEKERJAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN DABASAH 3 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
(2015-04-09)Kemajuan suatu bangsa dapat dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik diperkaya dengan berbagai metode-metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran adalah metode role playing. Metode role ... -
Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Tema Lingkungan Sahabat Kita Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V di Sdn Rambigundam 02 Jember
(2018-07)Jenis penelitian ini adalah peneltian eskperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SDN Rambigundam 02 Jember tahun ajaran 2017/2018. Adapun jumlah subjek penelitian kelas VA adalah 27 siswa dengan jumlah ... -
Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Tema Lingkungan Sahabat Kita Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas v Di Sdn Rambigundam 02 Jember
(2018-12-11)Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode role playing hasil belajarnya lebih baik daripada pembelajaran dengan metode pembelajaran langsung dengan menggunakan pendekatan ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI ORGANISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS V SDN GRUJUGAN LOR 1 BONDOWOSO
(2017-12-19)Pembelajaran PKn mengandung materi-materi pembelajaran yang bersifat abstrak. Di samping itu kebiasaan guru yang selalu menerapkan metode-metode pembelajaran klasik seperti ceramah, tanya jawab dan penugasan pada saat ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA KEGIATAN JUAL BELI DI SDN JEMBER KIDUL 04 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
(2016-08-16)Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 04 dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SDN Jember Kidul 04 yang terdiri dari kelas IIIA dan IIIB yang berjumlah 96 siswa. Jenis penelitian ini adalah ... -
Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Berbagai Pekerjaan Subtema 1 di SDN Kebonsari 01 Jember
(2019-08-30)Proses pembelajaran di sekolah yang diterapkan oleh guru kelas selama ini hanyalah terbatas pada penggunaan metode ceramah, tanya jawab, ataupun diskusi. Hal ini tentunya membuat hasil belajar yang didapatkan siswa tidak ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI SDN KARANGREJO 03 JEMBER 2014/2015
(2015-12-07)Tahun 2013 dimulai pembelajaran dengan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2103. Orientasi kurikulum 2013 adalah terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan. Sesuai dengan ... -
Pengaruh Penerapan Metode Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Tema Peristiwa dalam Kehidupan di SDN Sumberpinang 02 Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2020-01-22)Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “adakah pengaruh penerapan metode scramble terhadap hasil belajar siswa kelas 5 tema “Peristiwa dalam Kehidupan” di SDN Sumberpinang 02 Jember”. Tujuan penelitian ini adalah untuk ...