Browsing UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana) by Title
Now showing items 39461-39480 of 61697
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (KELAS XI MIPA SMAN BALUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
(2018-11-19)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR- SHARE (TPS) DISERTAI METODE GUIDED NOTE TAKING (GNT) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN GERAK LURUS DI SMA NEGERI RAMBIPUJI
(2017-08-04)Fisika merupakan ilmu pengetahuan sains yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, berupa penemuan, penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsip, serta proses pengembangan ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING (TEQ) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TANGGUL JEMBER
(2013-12-17)Pendidikan sangat penting bagi setiap individu maupun suatu negara, karena masa depan suatu bangsa berada di tangan para penerus bangsa.Rendahnya mutu dan relevansi pendidikan dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Diantara ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING (TEQ) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR RASIONAL DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 TANGGUL JEMBER
(2014-01-27)Pendidikan sangat penting bagi setiap individu maupun suatu negara, karena masa depan suatu bangsa berada di tangan para penerus bangsa.Rendahnya mutu dan relevansi pendidikan dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Diantara ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING EMPOWERMENT BY QUESTIONING (TEQ) DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
(2015-12-02)Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) adalah model pembelajaran yang proses pembelajarannya dikonsentrasikan untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman melalui pertanyaan-pertanyaan agar siswa dapat berpikir ... -
Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMPN 10 Jember
(2014-01-07)Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran Think-pair-share dengan metode Eksperimen terhadap Hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di kelas VII SMPN 10 Jember dan (2) mengkaji ... -
Pengaruh Model Pembelajaran TPS( Think Pair Share) dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMPN 10 Jember
(2013-12-27)Fisika adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran inti disemua jenjang pendidikan sekolah (dari tingkat SD hingga sekloah menengah). Fisika adalah bidang ilmu yang banyak membahas tentang alam ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar SIswa SMA/MA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-05-11)Pembelajaran abad 21 menjadi transisi pembelajaran yang melibatkan perkembangan kurikulum untuk menuntun sekolah yang awalnya teacher centered menjadi student centered. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan SDN Dabasah 4 Bondowoso
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-13)This research is an experimental research type that aims to determine how the influence of the Value Clarification Technique learning model on the learning outcomes of fourth grade students at SDN Dabasah 4 Bondowoso. The ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 8 Subtema 1 Manusia dan Lingkungan Kelas V di SDN Blindungan 1 Kabupaten Bondowoso
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-07-12)The word square learning model is a way to re-understand learning material that combines understanding of material through pictures, careful search for words and understanding of material by answering questions. Students ... -
PENGARUH MODEL PjBL (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN
(2014-11-03)Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah adalah siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Waktu penelitian dilaksanakan pada 12 Mei 2014 – 20 Mei 2014 semester ... -
Pengaruh Model PJBL dengan Pendekatan STEM Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-27)Pendidikan IPA berperan penting dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan berpikir, dan sikap siswa. Siswa dapat mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan ... -
Pengaruh Model POE (Predict-Observe-Explain) dengan Performance Assessment terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Jember
(2013-12-27)Model POE (predict-observe-explain) merupakan salah satu model belajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, membantu siswa membentuk pengetahuannya pertama-tama melalui indera. Kegiatan pembelajaran ini ... -
PENGARUH MODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ARJASA JEMBER
(2013-12-27)Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap performance assessment siswa SMPN 1 Arjasa Jember, (2) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran POE ... -
PENGARUH MODEL PREDICTION,OBSERVATION, AND EXPLANATION (POE) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMAN PAKUSARI
(2018-03-27)Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sebelum menentukan sampel, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi kelas XI MIPA sebanyak 5 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. ... -
Pengaruh Model Problem Base Learning Berbantu Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas v SD Pada Tema 2 Udara Bersih Bagdi Sdn Badean 1 Bondowosoi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2013-01-15)Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari tujuan, materi, model dan evaluasi, dimana hal tersebut perlu diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menentukan media, metode, strategi dan pendekatan apa yang ... -
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DISERTAI MODUL TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPN 14 JEMBER
(2015-12-02)IPA dalam pembelajaran atau pelaksanaan pendidikan tidak hanya menyangkut dua aspek proses dan produk, tetapi lebih dari itu, dalam aspek proses diharapkan dapat munculnya sikap ilmiah. Sikap ilmiah ini meliputi objektif, ... -
Pengaruh Model Problem Based Instruction disertai Modul Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 14 Jember
(2015-12-11)IPA dalam pembelajaran atau pelaksanaan pendidikan tidak hanya menyangkut dua aspek proses dan produk, tetapi lebih dari itu, dalam aspek proses diharapkan dapat munculnya sikap ilmiah. Sikap ilmiah ini meliputi objektif, ... -
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DISERTAI TEKNIK PROBING-PROMPTING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (STUDI EKSPERIMEN KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER)
(2016-08-10)Berdasarkan hasil wawancara terbatas yang telah dilakukan dengan guru IPAfisika kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember, menyatakan bahwa hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan dari hasil ... -
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) disertai Metode Eksperimen terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Ambulu
(2013-12-24)Fisika merupakan mata pelajaran yang memerlukan pemahaman yang dititikberatkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui penemuan, analisis data dan berdasarkan tahapan-tahapan tertentu. Tahapan-tahapan tersebut biasanya ...