Browsing UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana) by Title
Now showing items 39349-39368 of 61666
-
Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbasis STEM menggunakan LKPD dan Modul Sistem Pernapasan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MTs Ashri Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-29)STEM dalah model pembelajaran di bidang pendidikan yang memiliki tujuan untuk menjadikan peserta didik agar dapat bersaing dan memiliki suatu keahlian. STEM memiliki 4 aspek pengetahuan yang dikemas secara terintegrasi ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
(2016-08-11)Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan keterampilan proses siswa menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam pembelajaran fisika di SMP. (2) Mengkaji pengaruh model ... -
Pengaruh Model Pembelajaran PBL Disertai LKPD IPA Berbasis Multirepresentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-03-29)Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan keefektifan pembelajaran serta keterampilan proses sains yang menggunakan model pembelajaran PBL disertai LKS berbasis multi ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V Muatan IPS Tema 9 Subtema 2 di SDN Sempusari 01 Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-10-06)Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SDN Sempusari 01 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran penemuan terhadap kemampuan ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENYELESAIAN MASALAH ARGUMENTATIF (PMA) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI SISWA SMK DI KABUPATEN JEMBER
(2017-10-24)Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika di SMKN 2 Jember dan SMKN 5 Jember didapatkan bahwa pencapaian kompetensi siswa belum sesuai dengan yang diharapkan pada kurikulum 2013. Pencapaian kemampuan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Suhu, Pemuaian, dan Kalor di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-23)Bagi sebagian besar siswa, mata pelajaran fisika dianggap sebagai materi yang menakutkan karena banyak didominasi oleh perhitungan matematis atau dalam kata lain ialah rumus. Adapun permasalahan ini mendorong peneliti untuk ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (Predict, Observe, Explain) terhadap hasil belajar tema lingkungan Sahabat Kita Pada Peserta Didik Kelas V di SDN Jambe Anom 1 Bondowoso.
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-08-07)Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design, artinya kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara acak (Sugiyono, 2013:79). Cara menentukan ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION AND EXPLANATION) DISERTAI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN KERJA ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI SMP
(2015-12-11)Berdasarkan kurikulum 2013 pembelajaran IPA saat ini menggunakan pendekatan saintifik (sciencetific) уаnɡ mengadopsi langkah-langkah saintis ԁаƖаm membangun pengetahuan melalui metode ilmiah. Pelaksanaan metode ... -
Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, and Explanation) Disertai Teknik Probing-Prompting terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi
(2019-10-03)Permasalahan dalam pembelajaran biologi sebagian besar berpusat pada rendahnya kualitas pembelajaran. Rendahnya kualitas pembelajaran menyebabkan keterampilan proses sains siswa relatif rendah karena siswa kurang diberi ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi
(program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020, 2020-11-25)Pembelajaran fisika yang efektif, dilakukan dengan pendekatan student centered learning. Model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan tersebut salah satunya adalah model Problem Based Learning (PBL). problem based ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar HOTS Siswa Kelas V SDN Jelbuk 01 Jember
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-11-09)Model pembelajaran merupakan pola yang digunakan untuk melaksanakan suatu pembelajaran.Model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menyuguhkan permasalahan nyata sebagai konteks agar siswa mampu ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION NOTE TAKING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI ARJASA
(2015-04-17)Pembelajaran fisika dapat diartikan sebagai proses belajar mengajar yang merupakan serangkaian kegiatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbale balik dalam kegiatan belajar mengajar yang membahas dan mempelajari alam ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Fisika di Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Genteng
(2014-01-22)Fisika merupakan mata pelajaran yang memerlukan pemahaman daripada penghafalan, tetapi diletakkan pada pengertian dan pemahaman konsep yang dititikberatkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui penemuan, ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Fisika di Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Genteng
(2013-12-30)Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Genteng. Sampel penelitian ditentukan setelah ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 ARJASA
(2013-12-05)Dalam kehidupan ini, Kita senantiasa berhadapan dengan berbagai masalah dan pilihan sehingga dituntut untuk mampu berpikir secara kritis dan kreatif dalam menyelesaikan suatu masalah. Itulah sebabnya mengapa siswa ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG HIV/AIDS DI SMP ACHMAD JANI PUGER KABUPATEN JEMBER
(2016-02-22)AIDS still ranked as the third most deadly disease in Indonesia, after heart disease and cancer. The disease is caused by the HIV that can lead to lower a person's immune status to trigger an opportunistic infection and ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG HIV/AIDS DI SMP ACHMAD JANI PUGER KABUPATEN JEMBER
(2016-02-22)AIDS still ranked as the third most deadly disease in Indonesia, after heart disease and cancer. The disease is caused by the HIV that can lead to lower a person's immune status to trigger an opportunistic infection and ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG HIV/AIDS DI SMP ACHMAD JANI PUGER KABUPATEN JEMBER
(2016-02-23)AIDS still ranked as the third most deadly disease in Indonesia, after heart disease and cancer. The disease is caused by the HIV that can lead to lower a person's immune status to trigger an opportunistic infection and ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DISERTAI METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA (STUDI PADA KELAS X MIA SMAN ARJASA JEMBER)
(2016-01-13)Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari gejala-gejala dan kejadian alam melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-03-29)Pada kurikulum 2013 proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik, dalam penerapannya pendekatan saintifik mendorong guru untuk berfikir kreatif dan inovatif agar tercipta pembelajaran aktif ...