Browsing UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana) by Title
Now showing items 39344-39363 of 61695
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA TEKA TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN TEGALGEDE 01 JEMBER
(2018-06-29)Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimental dengan desain pre-test post-test control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes. Data yang dianalisis berupa beda nilai pre-test ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Bondowoso (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi Materi Konsep Uang Sebagai Alat Pembayaran Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023)
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-08-08)Penelitian ini bermaksud mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Bondowoso. Jenis penelitian yang ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments terhadap Hasil Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Siswa Kelas IV SDN Kepatihan 05 Jember
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER, 2019-05-07)Kurikulum 2013 menekankan pendidikan karakter dan mengembangkan keseimbangan capaian pembelajaran pada ranah afektif (sikap), kognitif (pengetahuan), dan psikomotorik (keterampilan). Selain itu, kurikulum 2013 juga menekankan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think - Pair - Share (Tps) Berbantuan Media Pop Up Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN Jember Lor 02
(2019-10-03)Pembelajaran yang digunakan pada kurikulum 2013 lebih menekankan pada pendidikan berkarakter yang sudah dapat diintegrasikan dalam seluruh pembelajaran pada setiap bidang studi yang terdapat dalam kurikulum. Pada kegiatan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think - Pair - Share (Tps) Berbantuan Media Pop up Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema Indahnya Keragaman DI Negeriku DI SDN Jember Lor 02
(Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, 2019-04-27)Implementasi kurikulum 2013 lebih menekankan pada pendidikan berkarakter yang sudah dapat diintegrasikan dalam seluruh pembelajaran pada setiap bidang studi yang terdapat dalam kurikulum. Pendidikan berkarakter dalam ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK - PAIR - SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI PADA SISWA KELAS IV DI SDN WONOREJO 06 JEMBER
(2018-03-16)Pendidikan merupakan suatu perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan yang terjadi secara selaras dengan perubahan budaya kehidupan yang mengarah pada perbaikan pendidikan yang berlangsung secara ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share Berbantuan Media Mading Budaya terhadap Karakter Siswa pada Kelas III Sekolah Dasar
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-08-01)Kurikulum yang digunakan di sekolah saat ini adalah kurikulum 2013 (K13). Kurikulum ini menerapkan pembelajaran terpadu dan utuh terhadap teori, praktikum, dan penanaman karakter yang diintegrasikan menjadi satu pembelajaran ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif terhadap Kemamapuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-08-04)Pembelajaran IPA memberikan pengalaman langsung pada siswa dalam pengembangan keterampilan mengeksplorasi secara alamiah yang membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan, mengembangkan kemampuan berpikir dan sikap ilmiah ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dengan Media Kartu Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi
(Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 2023-05-19)Pembelajaran Bahasa di SD perlu diberikan sebagai penunjang keberhasilan siswa mempelajari bidang studi lainnya. Peranan bahasa bagi siswa diantaranya dapat melakukan komunikasi dalam pembelajaran khususnya keterampila ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dengan Metode Talking Stick Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
(FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 2020-01-09)Fisika merupakan salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari dan menganalisis mengenai fenomena-fenomena alam dan gejala alam yang terdapat dilingkungan sekitar. Fisika termasuk mata pelajaran yang ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) dengan Metode Ekperimen Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X di MAN 1 Jember
(2013-12-24)Pembelajaran fisika harus mencakup dua aspek yakni aspek produk dan aspek proses. Dalam mempelajari fisika tidak dapat dengan langsung mempelajari produknya saja akan tetapi diperlukan suatu kegiatan pembelajaran ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKTALK- WRITE (TTW) DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI MAN 1 JEMBER
(2013-12-27)Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think-Talk Write) dengan metode eksperimen terhadap sikap ilmiah siswa kelas X di MAN 1 Jember. (2) Mengkaji pengaruh ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token menggunakan Media Question Card terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa di SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-06-28)Pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013, siswa harus mengembangkan sikap atau nilai spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan salah satunya melalui pembelajaran geografi. Kondisi di lapangan ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF “GROUP INVESTIGATION ( DECISION” TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KENCONG TAHUN AJARAN 2011/2012
(2014-01-19)Mata pelajaran fisika adalah salah satu mata pelajaran dalam rumpun sains yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis induktif dan deduktif. Pada umumnya, metode yang sering digunakan dalam pembelajaran fisika ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF “GROUP INVESTIGATION (GI)” DISERTAI “THREE-STAGE FISHBOWL DECISION” TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KENCONG TAHUN AJARAN 2011/2012
(2013-08-20)Mata pelajaran fisika adalah salah satu mata pelajaran dalam rumpun sains yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir analitis induktif dan deduktif. Pada umumnya, metode yang sering digunakan dalam pembelajaran ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) Berbasis Stem Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan, 2022-06-14)Literasi sains rendah pada peserta didik Indonesia ini diduga disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang mana belum terorientasi dengan pengembangan literasi sains. Tentunya diperlukan penambahan tingkatan kemampuan literasi ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E disertai PhET Simulations terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-07-14)Pembelajaran merupakan bantuan pendidik kepada siswa agar terjadi proses pertukaran ilmu dan pengetahuan, pembentukan sikap dan kepercayaan, serta penguasan kemahiran dan tabiat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan Permainan Monopoli Fisika terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2023-01-26)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E berbantuan permainan monopoli fisika terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa SMA. Metode penelitian menggunakan penelitian quasi ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa IPA SMP
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2022-08-04)Pembelajaran IPA merupakan proses membantu siswa mengembangkan kompetensi pemahaman ilmiah melalui kegiatan mengamati, merumuskan masalah, membuat hipotesis, menganalisis, menyimpulkan dan menerapkan dalam kehidupan ... -
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Together Disertai Teknik Concept Mapping Terhadap Kesadaran Metakognisi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA
(Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2021-07-16)Model Pembelajaran Learning Together adalah model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa dalam suatu kelompok untuk menangani suatu tugas, model pembelajaran ini yang banyak diminati siswa karena mereka dapat bertukar ...