Show simple item record

dc.contributor.authorADITA FAJARNINGRUM
dc.date.accessioned2014-01-12T01:05:36Z
dc.date.available2014-01-12T01:05:36Z
dc.date.issued2014-01-12
dc.identifier.nimNIM021610101068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14041
dc.description.abstractMutu pelayanan dalam bidang kesehatan lebih mengarah kepada pelayanan yang mengacu kepada kemampuan rumah sakit untuk memberikan pelayanan sesuai dengan standar profesi kesehatan dan dapat diterima oleh pasiennya. Penelitian dilakukan di RSGM FKG UNEJ dengan mengambil sampel pasien yang merawatkan giginya di klinik Konservasi, Bedah Mulut, Oral Medicine dan Periodonsia. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuisioner yang berisi tentang pertanyaan yang berhubungan dengan kepuasan pasien setelah merawatkan gigi di RSGM. Variabel lain yang juga diteliti yaitu mengenai pemanfaatan dental chair dan standar pelayanan yang ada di RSGM, nantinya akan dihubungkan antara kepuasan pasien dengan standar pelayanan dan pemanfaatan dental chair. Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2007 di RSGM FKG UNEJ. Sampel penelitian sebanyak 91 orang yang diminta untuk mengisi kuisioner yang berisi 27 pertanyaan. Data mengenai jumlah dental chair dan standar pelayanan diambil dari data rekam medik. Data dianalisa menggunakan Pearson Correlation. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara persepsi mutu pelayanan dengan standar pelayanan (jam pelayanan) ditandai dengan adanya nilai r=0,213 dan p=0,042. Hubungan antara persepsi mutu pelayanan dan standar pelayanan (sarana) menunjukkan hasil yang tidak signifikan yaitu dengan nilai r=-0,165 dan nilai p=0,215. Hubungan yang signifikan antara persepsi mutu pelayanan dengan pemanfaatan peralatan yang ditandai dengan nilai r=0,313 dan p=0,003. Hal ini ix berarti bahwa bila peralatan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya maka kepuasan dari pasien juga akan meningkat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries021610101068;
dc.subjectHubungan antara Persepsi Mutu Pelayanan dengan Standar Pelayananen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MUTU PELAYANAN DENGAN STANDAR PELAYANAN DAN PEMANFAATAN PERALATAN DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record