Show simple item record

dc.contributor.authorDIAN RATNA PUSPITASARI
dc.date.accessioned2014-01-07T15:50:53Z
dc.date.available2014-01-07T15:50:53Z
dc.date.issued2014-01-07
dc.identifier.nimNIM050810101344
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13904
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar welfare loss yang ditanggung konsumen akibat kenaikan tarif dasar air bersih di Indonesia. Permasalahan utama terletak pada kenaikan tarif dasar air bersih yang tidak diimbangi oleh peningkatan pelayanan penyediaan air bersih oleh Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya, sehingga tingkat kepuasan konsumen semakin berkurang. Berdasarkan permasalahan yang terjadi maka dicari besarnya welfare loss konsumen dengan menggunakan metode welfare cost dengan pendekatan compensating variation. Kemudian nilai compensating variation tersebut diintegrasikan ke dalam fungsi Cobb-Douglass dan didapatkan nilai welfare loss konsumen. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa besarnya welfare loss konsumen semakin meningkat seiring dengan kenaikan tarif dasar air bersih. Hal tersebut menandakan bahwa kerugian yang ditanggung oleh konsumen semakin tidak seimbang dengan kepuasan yang didapat dari pelayanan PAM Jaya sebagai penyedia air bersih.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050810101344;
dc.subjectKenaikan Tarif Dasar Air Bersih, Compensating Variation, Welfare Lossen_US
dc.titleANALISIS REALISASI KREDIT USAHA RAKYAT TANPA AGUNAN BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA Tbk. CABANG JEMBER PERIODE 2008.4 – 2008.10en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record