Show simple item record

dc.contributor.authorBela Mayvani Rachman
dc.date.accessioned2014-01-07T06:44:20Z
dc.date.available2014-01-07T06:44:20Z
dc.date.issued2014-01-07
dc.identifier.nimNIM082010101005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13843
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa FK UNEJ angkatan 2008 secara kuantitatif, mengetahui korelasi antara motivasi belajar dengan pretasi belajar pada mahasiswa FK UNEJ angkatan 2008, dan mengetahui motivasi belajar mahasiswa FK UNEJ angakatn 2008 secara kualitatif. Dalam penelitian ini akan menggunakan metode kuisioner dengan populasi total sampling. Metode kusioner ini menggunakan survey kuisioner Strength of Motivation for Medical School Questionnaire yang dibuat oleh Nieuwhof (2004). Selanjutnya hasil dari penelitian ini akan digunakan untuk mencari korelasi antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar. Selanjutnya untuk mengetahui faktor-faktor yang memicu motivasi belajar dilakukan Focus Group Disscussion (FGD) yang beranggotan 10 orang dan wawancara mendalam pada dua orang responden. Pada FGD responden diambil dengan metode simple random sampling. Sedang pada wawancara mendalam diambil responden dengan metode purposive sampling. Analisis data pada penelitian kuantitatif menggunakan korelasi Spearman dan data disajikan dalam bentuk scatter chart untuk dilihat korelasinya. Sedangkan data pada penelitian kuantitatif akan di buat menjadi bentuk transkrip wawancara yang selanjutnya akan dianalisa hasil diskusinya. Data ini nantinya kan disajikan dalam bentuk narasi deskriptif. Dari hasil penelitian kuantitatif didapatkan rho Spearmann sebesar -0.034 yang berarti bahwa tidak ada korelasi yang bermakan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa FK UNEJ angakatan 2008. Sedangkan dari hasil FGD dan wawancara mendalam diketahui bahwa faktor-faktor yang memicu motivasi belajar mahasiswa dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memicu motivasi belajar ialah minat. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar siswa ialah keluarga, teman sejawat, lingkungan tempat tinggal dan sistem kurikulum PBL. Dengan mengetahui faktor-faktor yang memicu motivasi belajar tersebut diharapkan baik mahasiswa dan insititusi dapat mengoptimalkan faktor-faktor tersebut untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries082010101005;
dc.subjectMotivasi Belajar, Berbasis Masalah (PBL)en_US
dc.titleFAKTOR-FAKTOR YANG MEMICU MOTIVASI BELAJAR DALAM STRATEGI BELAJAR BERBASIS MASALAH (PBL) (Studi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jember Angkatan 2008 yang Menjalani Kurikulum Berbasis Kompetensi Model SPICES)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record