Show simple item record

dc.contributor.authorTiyas Dewi Puspita
dc.date.accessioned2014-01-07T02:08:04Z
dc.date.available2014-01-07T02:08:04Z
dc.date.issued2014-01-07
dc.identifier.nimNIM080210192039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13778
dc.description.abstractHasil analisis data dan observasi dari pra siklus hingga siklus 2 menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dan penugasan telah berhasil meningkatkan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar, grafik dan hasil belajar fisika siswa di kelas VII-C SMP Negeri 1 Bondowoso. Kemampuan rata-rata representasi verbal meningkat dari 15,11 pada pra siklus menjadi 19,46 pada siklus 1 dan 22,11 pada siklus 2. Peningkatan ini tergolong pada kriteria sedang pada siklus 1 berdasarkan hasil perhitungan menggunakan N-gain yaitu sebesar 0,44 menjadi kriteria tinggi pada siklus 2 dengan N-gain sebesar 0,71. Kemampuan skor rata-rata representasi matematik meningkat dari 19,71 pada pra siklus, 23,32 pada siklus 1 dan 23,46 pada siklus 2. Peningkatan ini tergolong kriteria sedang dengan N-gain sebesar 0,68 pada siklus 1 dan menjadi kriteria tinggi dengan N-gain sebesar 0,71 pada siklus 2. Kemampuan skor rata-rata representasi gambar meningkatkan dari 10,86 pada pra siklus menjadi 15,39 pada siklus 1 dan 18,53 pada siklus 2. Peningkatan ini tergolong kriteria sedang pada siklus 1 berdasarkan hasil perhitungan N-gain yaitu sebesar 0,32 menjadi kriteria sedang pada siklus 2 dengan N-gain sebesar 0.49. Kemampuan skor rata-rata representasi grafik meningkat dari 13,32 pada pra siklus menjadi 18,01 pada siklus 1 dan 19,01 pada siklus 2. Peningkatan ini tergolong kriteria sedang pada siklus 1 dengan menggunakan perhitungan N-gain yaitu sebesar 0,4 dan menjadi kriteria sedang pada siklus 2 dengan N-gain sebesar 0,49. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terjadi peningkatan kemampuan multirepresentasi dan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Dari hasil di atas penerapan metode demonstrasi dan penugasan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192039;
dc.subjectMetode Demonstrasi, Kemampuan Multirepresentasi, Pelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN PENUGASAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI PADA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA KELAS VIIC DI SMP NEGERI 1 BONDOWOSOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record