dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kemampuan pemecahan
masalah fisika siswa melalui Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir
(MP PKB) disertai metode eksperimen, (2) untuk mengkaji perbedaan hasil belajar
fisika siswa antara menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan
Berpikir (MP PKB) disertai metode eksperimen dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional, dan (3) untuk mendeskripsikan retensi hasil belajar fisika
siswa menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (MP
PKB) disertai metode eksperimen.
Tempat penelitian eksperimen ini adalah SMP negeri 6 Jember dengan metode
purposive sampling area. Responden penelitian terdiri dari dua sampel kelas yaitu
kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditentukan dengan menggunakan metode
cluster random sampling. Desain penelitian ini menggunakan post-test control
design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab permasalahan
pertama adalah dengan menentukan persentase skor pemecahan masalah fisika siswa
yang kemudian ditentukan kategorinya. Sedangkan permasalahan kedua dan ketiga
dianalisis dengan uji independent sample T test melalui program SPSS Statistics 17.
Hasil penelitian untuk kemampuan pemecahan masalah fisika siswa tergolong
dalam kategori baik dan diperoleh persentase sebesar 72,92% untuk kriteria
memahami masalah; 73,75% untuk kriteria menyusun rencana pemecahan masalah;
72,22% untuk kriteria melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan 75,97% untuk
kriteria memeriksa kembali jawaban. Untuk hasil belajar, terdapat perbedaan yang
signifikan antara menggunakan MP PKB disertai metode eksperimen dengan
menggunakan pembelajaran konvensional, ditunjukkan dengan nilai signifikansi
0,035 lebih kecil dari α = 0,05. Retensi hasil belajar siswa dengan MP PKB disertai
metode eksperimen adalah 93,47% dengan predikat sangat baik. Jadi dapat
disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika siswa dengan MP PKB
disertai metode eksperimen tergolong baik, menunjukkan adanya perbedaan hasil
belajar yang signifikan antara menggunakan MP PKB disertai metode eksperimen
dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dan retensi hasil belajar
siswa menggunakan MP PKB disertai metode eksperimen tergolong sangat baik. | en_US |