Show simple item record

dc.contributor.authorShaufan Habibi
dc.date.accessioned2014-01-07T01:59:23Z
dc.date.available2014-01-07T01:59:23Z
dc.date.issued2014-01-07
dc.identifier.nimNIM080210102031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13775
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika siswa melalui Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (MP PKB) disertai metode eksperimen, (2) untuk mengkaji perbedaan hasil belajar fisika siswa antara menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (MP PKB) disertai metode eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dan (3) untuk mendeskripsikan retensi hasil belajar fisika siswa menggunakan Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (MP PKB) disertai metode eksperimen. Tempat penelitian eksperimen ini adalah SMP negeri 6 Jember dengan metode purposive sampling area. Responden penelitian terdiri dari dua sampel kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditentukan dengan menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian ini menggunakan post-test control design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab permasalahan pertama adalah dengan menentukan persentase skor pemecahan masalah fisika siswa yang kemudian ditentukan kategorinya. Sedangkan permasalahan kedua dan ketiga dianalisis dengan uji independent sample T test melalui program SPSS Statistics 17. Hasil penelitian untuk kemampuan pemecahan masalah fisika siswa tergolong dalam kategori baik dan diperoleh persentase sebesar 72,92% untuk kriteria memahami masalah; 73,75% untuk kriteria menyusun rencana pemecahan masalah; 72,22% untuk kriteria melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan 75,97% untuk kriteria memeriksa kembali jawaban. Untuk hasil belajar, terdapat perbedaan yang signifikan antara menggunakan MP PKB disertai metode eksperimen dengan menggunakan pembelajaran konvensional, ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,035 lebih kecil dari α = 0,05. Retensi hasil belajar siswa dengan MP PKB disertai metode eksperimen adalah 93,47% dengan predikat sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika siswa dengan MP PKB disertai metode eksperimen tergolong baik, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara menggunakan MP PKB disertai metode eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dan retensi hasil belajar siswa menggunakan MP PKB disertai metode eksperimen tergolong sangat baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102031;
dc.subjectKemampuan Berpikir (MP PKB), Metode Eksperimen, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (MP PKB) DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record