Show simple item record

dc.contributor.authorIsmil Ridayatun Winayah
dc.date.accessioned2013-12-30T01:26:00Z
dc.date.available2013-12-30T01:26:00Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM070210192135
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13670
dc.description.abstractBerdasakan rumusan masalah di atas adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIII B SMPN 7 Jember selama mengikuti pembelajaran fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode praktikum, 2) mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B SMPN 7 Jember setelah mengikuti pembelajaran fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan metode praktikum. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII B di SMP Negeri 7 Jember yang dimulai tanggal 4 September 2012 sampai dengan 25 September 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa serta karakter siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa yang berdasarkan hasil observasi dengan instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil post test. Aktivitas belajar, karakter, dan ketuntasan belajar fisika siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang meliputi memperhatikan penjelasan, mengerjakan LKS, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, dan melakukan percobaan, melakukan pengamatan data percobaan, menuliskan hasil percobaaan.. Berdasarkan analisis hasil belajar fisika pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 74,35%. Siklus 2 diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 89,74%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan metode praktikum dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII B di SMPN 7 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192135;
dc.subjectTipe Think Pair Share, metode praktikum, Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN METODE PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA KELAS VIII B di SMPN 7 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record